Relawan Anies Dukung Pramono Anung di Pilgub Jakarta, RK Singgung Realita dan Hasil Survei

Cagub Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil di Gedung KNPI, Jakarta Timur, Jumat, 11 Oktober 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA –  Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil alias RK buka suara soal adanya dukungan dari relawan Anies Baswedan untuk sang cagub rival Pramono Anung di Pilgub Jakarta 2024. RK menyinggung soal realita yang ada saat ini.

Debat Pilgub Banten, Andra Soni Banggakan 8 Programnya: Tak Boleh Lagi Ada Daerah yang Terabaikan

"Saya bicara dua hal aja pertama dari sisi realita memang terjadi. Kan, ada rekam jejak digitalnya kayak abdi rakyat atau apa saya lupa namanya," kata RK di Jakarta, Rabu 16 Oktober 2024.

RK juga turut menyindir soal adanya hasil temuan sejumlah lembaga survei. Beberapa lembaga survei menyatakan pasangan RK-Suswono menjadi pasangan calon dengan elektabilitas yang paling tinggi.

KPU Harap Debat Pilgub Perdana Bisa jadi Referensi Memilih Pemimpin Banten 5 Tahun ke Depan

Bahkan, ada lembaga survei yang menuturkan bahwa banyak relawan Anies mendukung pasangan yang dikenal sebagai RIDO.

"Kedua hasil survei juga mengatakan hampir setengahnya yang di survei yang dilaporkan ke saya yang memilih Anies saat pilpres itu melabuhkan pilihannya ke pasangan RIDO," tutur RK.

Pilkada OKI: Muchendi-Supriyanto akan Bangun Akses Jalan di Daerah Air Sugihan

Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) bersama Presiden Partai Buruh Said Iqbal (ketiga kiri) seusai silaturahmi di Kantor Pusat Pemenangan Partai Buruh di Jakarta, Minggu, 25 Agustus 2024.

Photo :
  • ANTARA

Mantan Gubernur Jawa Barat itu berharap hasil survei yang keluar bisa benar-benar terwujud di Pilgub Jakarta. "Mudah-mudahan hal itu mewujud secara nyata di hari pencoblosan," tutur RK.

Meski begitu, RK tak mengetahui pasti berapa jumlah pendukung Anies yang ikut berlabuh beri dukungan. RK hanya meminta publik melakukan tracing di jaringan internet jika ingin mengetahui Relawan Anies yang mendukung RK. "(Deklarasi) Ada ada, sudah lebih dari lima," ujarnya.

Sebelumnya, salah satu pentolan relawan Anies Baswedan, Laode Basir menitipkan harapan kepada pasangan Pramono-Rano  untuk memperjuangkan nasib kaum miskin. Hal itu berdasarkan kesamaan ideologi dan sikap Pramono dalam menyikapi permasalahan yang ada di Jakarta.

"Kami menemukan bahwa harapan-harapan yang selama ini kita perjuangkan lewat mas Anies ini bisa kita titipkan ke mas Pram," kata Laode usai Deklarasi Pramono-Rano di Warung Buncit, Jakarta, dikutip pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Laode menambahkan pihaknya sudah melakukan penelusuran terlebih dahulu. Upaya itu dilakukan sebelum akhirnya memutuskan mendukung paslon nomor urut 3 itu. Ia juga sempat berdiskusi dengan Pramono dan membaca visi misinya.

Ia juga mempelajari pernyataan-pernyataan Pramono tentang penyelesaian masalah-masalah yang ada di Jakarta seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Jakarta Sehat (KJS), dan lansia. Solusi Pramono terkait permasalahan warga Kampung Bayam pun tidak luput dari perhatiannya.

"Ini semua membuat ketertarikan kami sebagai relawan untuk berjuang bersama memenangkan Mas Pram dan Bang Doel," ucap Laode.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya