Herindra Kemungkinan Dilantik jadi Kepala BIN Bersamaan Kabinet Prabowo Pada 21 Oktober

Wamenhan Letjen TNI (Purn) M Herindra
Sumber :
  • Kemhan

Jakarta, VIVA - Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra, kemungkinan akan dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN, bersamaan dengan pelantikan kabinet Prabowo-Gibran pada 21 Oktober 2024, sehari setelah pengambilan sumpah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029.

Ada Gibran Rakabuming, Puluhan Calon Menteri Tiba di Kediaman Prabowo di Hambalang

Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. Pihaknya mengupayakan agar pelantikan kabinet bisa bersamaan dengan Kepala BIN.

"Kalau keburu mungkin pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21 (Oktober)," kata Dasco ditanyai awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2024.

Dasco menyebut, hal itu didahului dengan proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang diikuti Herindra di DPR RI pada hari ini. Setelah itu, parlemen akan memproses hasil uji kelayakan Herindra sebagai calon Kepala BIN untuk diambil persetujuan dalam Rapat Paripurna pada Kamis besok, 17 Oktober 2024.

"Ya, kami rencananya hari ini setelah memberikan pertimbangan, besok kami akan paripurnakan dan berkirim surat ke Presiden," kata Dasco.

Ketua Harian Partai Gerindra itu pun menegaskan, Herindra yang kini menjabat sebagai Wamenhan RI itu menjadi calon tunggal Kepala BIN untuk menggantikan posisi Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

"Ya, satu nama Herindra yang dikirim oleh Presiden ke DPR," imbuhnya.

Budi Gunawan Ikut Pembekalan Calon Menteri Prabowo di Hambalang
Calon Menteri Ikut Pembekalan di Kediaman Prabowo Subianto di Hambalang

Momen Keakraban Para Calon Menteri Prabowo Ikuti Pembekalan di Hambalang

Dari video pendek yang diunggah akun Instagram @amanatinstitute terlihat para calon menteri ini mengenaka baju kemeja putih. Ada Nazaruddin Umar, hingga Budi Arie Setiadi

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2024