MPR Klaim Sudah Siap Gelar Pelantikan Prabowo-Gibran

Ahmad Muzani resmi dilantik menjadi Ketua MPR RI bersama 8 Wakil Ketua
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Ketua MPR RI, Ahmad Muzani mengatakan pihaknya telah siap menyelenggarakan pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, pada 20 Oktober 2024 nanti. 

Muzani dan Pimpinan MPR Temui Prabowo di Kemhan, Ngapain?

Muzani mengatakan, sebagian besar undangan dikirim baik kepada tamu dalam negeri maupun luar negara.

"Prinsip secara keseluruhan, MPR sudah siap mengelar acara lima tahunan ini," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Senin, 14 Oktober 2024.

Momen Penerjun Payung Polri Kibarkan Bendera Jokowi dan Prabowo di Langit Mako Brimob Depok

Ahmad Muzani resmi dilantik menjadi Ketua MPR RI bersama 8 Wakil Ketua

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Muzani menambahkan, Pimpinan MPR akan melakukan silaturahmi kebangsaan dengan sejumlah tokoh yakni Presiden terpilih Prabowo Subianto, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Prabowo, Diungkapkannya, ditemui di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta pada pukul 12.30 WIB.

Nasdem Tegaskan Dukungan terhadap Pemerintahan Prabowo Diwujudkan lewat DPR

Kemudian, Presiden Jokowi akan ditemui di Kantor Presiden, Istana Merdeka, Jakarta Pukul 13.30 WIB. Dilanjutkan silaturahmi ke Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Pukul 16.00 WIB, dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada 18.30 WIB.

"Agenda pertemuan akan kami sampaikan tentang undangan agenda tanggal 20 Oktober kepada beliau-beliau. Kami menyampaikan undangan untuk mengundang agar beliau-beliau hadir dalam pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden hasil pemilihan umum 2024. Mohon doa mudah-mudahan prosesi tanggal 20 bisa berjalan baik, lancar, dan sukses," kata Muzani.

Muzani menjelaskan pihaknya juga sudah mengirimkan undangan kepada para kandidat capres dan cawapres yang dulu bertarung di Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar. Dirinya nanti akan mengecek lagi kepastian mereka untuk hadir di acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Sementara untuk mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden, tegas Muzani, Pimpinan MPR akan mendatangi langsung mereka, mulai dari Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, Tri Sutrisno, Boediono dan Jusuf Kalla (JK).

"Kami akan datang, akan sowan kepada para mantan presiden dan para mantan wakil presiden agar beliau-beliau juga bisa hadir pada tanggal 20 Oktober juga," kata Muzani.

Selain itu, kata Muzani, banyak pimpinan negara asing sudah menyatakan siap hadir, khususnya Negara-negara ASEAN dan Asia serta negara-negara sahabat Indonesia di Amerika san Eropa. MPR, kata dia, sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan keamanan dan protokol yang dibutuhkan oleh pimpinan negara lain.

"Semua, hampir semua Negara ASEAN dan negara-negara sekitar kita, termasuk negara-negara sahabat yang bersahabat dengan kita, dan negara-negara Eropa, negara-negara lain, negara-negara Barat," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya