Menkominfo Sebut Jokowi Letakkan Fondasi Indonesia Maju selama 10 Tahun Memimpin

Menkominfo RI, Budi Arie Setiadi di Peluncuran Buku Satu Dekade Pembangunan Digital Indonesia 2014-2024 dan Horizon Pembangunan Digital Indonesia 2025-2030,
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Menjelang satu dekade Pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wapres Ma’ruf Amin, Kementerian Komunikasi dan Informatika membukukan capaian pembangunan sektor digital dan mendorong percepatan transformasi digital.

Bahlil Janji Tukin PNS Kementerian ESDM Naik Sebelum Periode Jokowi Berakhir

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan lewat buku Satu Dekade Pembangunan Digital Indonesia 2014-2024 dan Horizon Pembangunan Digital Indonesia 2025-2030, Kementerian Kominfo mendokumentasikan ulasan transformasi digital Indonesia masa kini dan yang akan datang.

“Transformasi digital akan menjadi alat utama bagi pemerintahan dalam mendorong pertumbuhan nasional. Kedua buku yang diluncurkan pada hari ini berupaya untuk menyoroti hal tersebut,” kata Budi Arie di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2024.

Jokowi dan Iriana Pamitan dengan Keluarga Besar Istana Jelang Lengser

Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House (ITDH) di Depok

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Budi Arie menjelaskan dalam buku Satu Dekade Pembangunan Digital Indonesia 2014-2024, terdapat gambaran kemajuan ekosistem digital yang telah dicapai sebagai modal untuk membangun Indonesia Digital ke depan.

Diajak Menteri Basuki Nyanyi Menghitung Hari, Menkeu Sri Mulyani: Terima Kasih Semuanya

Presiden Joko Widodo menerapkan visi Indonesia Sentris selama satu dekade memegang mandat memimpin pembangunan bangsa. 

Selain itu, ia juga menyatakan selama satu dekade kepemimpinan, Presiden Joko Widodo telah meletakkan fondasi agar Indonesia siap menjadi negara maju. 

“Peletakan fondasi menuju Indonesia Maju digarap di setiap lini, dengan berbagai capaian yang dapat kita rasakan bersama hari ini,” jelasnya.

Ilustrasi pemerataan infrastruktur digital.

Photo :
  • Y20 Indonesia

Menurut dia, dua periode kepemimpinan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (2014-209) dan KH Ma’ruf Amin (2019-2024). Presiden Joko Widodo berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5% sekaligus menggandakan nilai Produk Domestik Bruto.

“Berhasil melewati masa krisis Pandemi Covid-19 dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari sedikit negara yang dapat menangani krisis global dengan relatif baik,” tandasnya.

Selain itu, kesejahteraan masyarakat mulai terwujud melalui Program Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat sebagai kunci akses peningkatan taraf hidup masyarakat. 

“Program Keluarga Harapan dan subsidi sejumlah kebutuhan pokok juga telah membantu meringankan beban ekonomi masyarakat,” tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya