PDIP Diisukan Berpeluang Masuk Kabinet Prabowo, Elite Gerindra Bilang Begini soal Kandidatnya

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa partainya belum pernah membahas nama-nama menteri kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan PDIP hingga saat ini.

Gus Yahya Yakin Separuh Kabinet Prabowo Akan Diisi Kader NU

Gerindra, katanya, harus melakukan pertemuan dengan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan jika PDIP hendak diberi ruang terlibat dalam kabinet Prabowo-Gibran.

"Khusus dengan PDI Perjuangan ini belum ada pembicaraan-pembicaraan mengenai nama-nama yang akan masuk atau kemudian bagaimana nanti sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang baru secara resmi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024.

Istana Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo 20 Oktober 2024

Presiden Jokowi bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto

Photo :
  • Setpres

Dasco yang juga Wakil Ketua DPR RI lantas meminta semua pihak bersabar mengenai sikap PDIP terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran. Sikap PDIP kemungkinan besar akan diputuskan setelah Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Prabowo Subianto.

Prabowo Diproyeksikan Miliki Beberapa Juru Bicara Kepresidenan Sesuai Bidang

"Karena itu kami minta kepada para pihak untuk menunggu saja perkembangannya sambil kita fokus pada pelantikan," ujarnya.

Meski begitu, Dasco mengakui Gerindra dan PDIP masih sering berkomunikasi membicarakan tentang program-program pemerintahan mendatang, bukan soal jatah menteri.

"Sampai dengan saat ini komunikasi-komunikasi yang dilakukan antara Partai Gerindra dengan PDI Perjuangan maupun Partai Gerindra dengan beberapa partai [anggota] Koalisi Indonesia Maju, itu kami baru hanya sebatas program-program atau kemudian pemenuhan janji kampanye dari Pak Prabowo," katanya.

Prabowo Subianto Hadiri Raker Terakhir dengan Komisi 1 DPR

Prabowo Subianto Umumkan Nama-nama Menteri Kabinet pada 20 Oktober Setelah Dilantik

Presiden terpilih, Prabowo Subianto, bakal langsung mengumumkan nama-nama menteri kabinet Prabowo-Gibran pada 20 Oktober 2024. Pada saat itu, Prabowo-Gibran dilantik MPR.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2024