HMI Ingatkan ASN dan Penegak Hukum Netral di Pilkada

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Serang
Sumber :
  • Istimewa

Serang, VIVA – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Serang turut menyikapi proses pilkada Banten, terutama soal netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan penegak hukum. Netralitas adalah kewajiban agar tercipta Pilkada damai dan demokratis.

Bawaslu: Panwaslu Pilkada 2024 Boleh Sombong

Bahkan secara khusus, HMI menyuarakan pesan ini saat unjuk rasa di depan Kantor DPRD Provinsi, Jumat kemarin, 4 Oktober 2024.

“ASN bukan alat politik. Kami menuntut ASN di Provinsi Banten dan penegak hukum untuk menjalankan tugas dengan netralitas penuh. Jangan khianati kepercayaan rakyat," ujar Eman melalui siaran pers, Minggu 6 Oktober 2024.

Paslon Cagub-cawagub NTB Iqbal-Dinda Janjikan Dana Hibah Rp 500 Juta Untuk Desa

Ilustrasi pilkada serentak 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Pihaknya juga menuntut agar Pemerintah Provinsi Banten segera mengambil langkah preventif untuk memastikan tidak ada ASN yang terlibat dalam kampanye atau memihak pada calon tertentu. Termasuk para penjabat bupati/wali kota agar benar-benar netral.

Revitalisasi BLK dan Vokasi, Airin-Ade Siap Reformasi Bidang Ketenagakerjaan

“Kami tidak mau mendengar lagi ada ASN yang ikut berpolitik. Ini pelanggaran serius, dan harus ada tindakan nyata, bukan hanya wacana. Jika ASN ingin berpolitik, tanggalkan seragamnya," tegas Eman.

HMI akan terus memantau dengan ketat, dan jika ditemukan pelanggaran, akan siap menggelar aksi yang lebih besar lagi.

“Tidak ada tempat bagi ASN yang memihak. Netralitas atau keluar dari birokrasi. Kami akan pasang mata dan telinga untuk memastikan pilkada berjalan damai dan demokratis," kata Eman.

Tiga cagub di Pilkada Jakarta 2024

Sejumlah Fakta Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024 yang Digelar Malam Ini

Debat perdana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 akan diselenggarakan malam ini, Minggu, 6 Oktober 2024, pukul 19.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2024