Paslon Cagub-cawagub NTB Iqbal-Dinda Janjikan Dana Hibah Rp 500 Juta Untuk Desa

Juru Bicara Utama Pasangan Iqbal-Dinda, Adhar Hakim (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Nur Imansyah

Nusa Tenggara Barat, VIVA – Salah satu janji yang disampaikan pasangan calon cagub-cawagub di NTB, Lalu Muhammad Iqbal – Indan Damayanti Putri, adalah pemberian dana hibah Rp 500 juta ke setiap desa di wilayah tersebut.

Revitalisasi BLK dan Vokasi, Airin-Ade Siap Reformasi Bidang Ketenagakerjaan

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat nomor urut 3, Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri atau Iqbal-Dinda menjanjikan dana hibah dan program sebesar Rp300-500 juta untuk diberikan kepada 1.140 desa/kelurahan di wilayah itu bila terpilih di Pilkada 2024.

Juru Bicara Utama Pasangan Iqbal-Dinda, Adhar Hakim mengatakan bantuan hibah sebesar Rp300 sampai Rp500 juta untuk diberikan kepada desa/kelurahan ini tertuang dalam visi misi 10 program unggulan pasangan Iqbal-Dinda, yakni desa berdaya.

"Apakah bantuan program itu mampu di anggarkan di APBD?. Jawabnya, bisa," kata Adhar Hakim didampingi Ketua Tim Pasangan Iqbal-Dinda Anis Mujahid Akbar di Mataram, Minggu, dikutip dari Antara.

Bila melihat kemampuan fiskal daerah yang saat ini mencapai Rp6,1 triliun menurutnya pemberian dana hibah itu bisa diwujudkan oleh pasangan Iqbal-Dinda.

"Kalau di hitung-hitung APBD NTB Rp6,1 triliun terus dana Rp500 juta dikalikan 1.140 desa/kelurahan total dananya Rp570 miliar. Artinya, angka itu masih bisa ditanggulangi dengan kapasitas APBD kita," ujarnya.

Namun demikian lanjut Adhar Hakim, dalam pemberian dana hibah ini, pasangan Iqbal-Dinda tidak akan tergantung pada APBD semata, melainkan akan menarik dana-dana lain dari pemerintah pusat. Mengingat, Iqbal sendiri merupakan kader Gerindra dan linier programnya dengan pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Pak Iqbal ini kader Gerindra. Ruang penyamaan persepsi pembangunan akan kami jelaskan dengan pemerintah pusat, sehingga ide dalam bentuk hibah dan program itu bukan sesuatu yang sulit dilakukan jika Iqbal-Dinda terpilih," terang Adhar Hakim.

Selain itu menurutnya dalam konteks regulasi di Kemendagri, pemberian dana hibah ini justru memberikan ruang bagi pemerintah daerah dalam membuat konsep seperti itu, sehingga tidak ada persoalan.

"Kita buat desain desk kemantapan provinsi dan kabupaten kota. Kami masuk dalam ruang pembiayaan lain dan itu bisa dan kami mendesain-nya dalam ruang yang hati-hati. Dan ini juga tidak akan tumpang tindih dengan program Dana Desa atau Anggaran Dana Desa (ADD)," ucapnya.

Meski begitu mantan Ketua Ombudsman NTB dua periode ini, menyatakan alokasi anggaran hibah ini tidak diberikan sekaligus dalam satu tahun, melainkan disalurkan secara bertahap.

"Jadi hibah anggaran ini tidak sekaligus, tapi bertahap," katanya. (Ant)

Sekjen DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyerahkan dukungan kepada Iqbal-Dinda untuk maju Pilgub NTB 2024 (Satria)

Photo :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar (Mataram)
KPU Sudah Siapkan Tiga Tema Debat untuk Cagub-Cawagub Jawa Timur
Serangan Israel ke Lebanon.

40 WNI dan Satu WNA Sudah Berhasil Dievakuasi Dengan Aman dan Selamat ke Amman Yordania

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengatakan bahwa saat ini total 40 WNI dan satu WNA (pasangan salah satu WNI) telah dievakuasi ke Amman,Yordania dengan selamat

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2024