Buka Festival Palang Pintu, Cak Imin: Salah Satu Kontributor yang jaga Tradisi Budaya Indonesia

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri sekaligus membuka Festival Palang Pintu ke-XVI di Kemang, Jakarta Selatan. Cak Imin mengapresiasi perhelatan festival budaya Betawi yang rutin dilaksakan.

Memadukan Tradisi dan Modernitas, Koleksi Batik Amanda Hartanto untuk Generasi Baru

"Pagi hari ini kita bisa melaksanakan satu momentum yang ditunggu-tunggu. Dan, menjadi kebanggaan Jakarta Selatan bahkan kebanggaan Jakarta yaitu Festival Palang Pintu, yang menjadi kekhasan Kemang dan Jakarta Selatan," kata Cak Imin, dalam keteranganya, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Dia memuji festival yang digelar secara konsisten dan istiqamah. Cak Imin menaruh harapan agar festival palang pintu bisa menjadi destinasi bangsa.

Pertunjukan Warisan Budaya Tak Benda Seni Gambuh Hibur Delegasi Gateways Study Visit Indonesia 2024 di Bali

"Hari ini telah memiliki keberhasilan. Ditunggu banyak pihak dan insyaallah menjadi salah satu destinasi harapan bangsa Indonesia," lanjut Cak Imin.

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (tengah).

Photo :
  • Istimewa
Menghidupkan Tradisi Batak, Film Tulang Belulang Tulang Jadi Sorotan

Lebih lanjut, dia juga berharap Festival Palang Pintu Jakarta jadi sarana mengukuhkan sekaligus memberdayakan berbagai kebudayaan asli Betawi. Ia pun mengurai tiga tujuan Festival tersebut digelar.

Pertama, bisa merawat, menjaga, meneruskan dan melaksanakan nilai-nilai, ajaran, norma, seluruh kaidah, keteladanan yang menjadi kekuatan budaya Betawi. Lalu, jadi kekhasan yang memiliki kontribusi buat budaya bangsa sekaligus budaya Islam. 

"Palang pintu telah menjadi salah satu kontributor yang penting buat memperkaya, menguatkan, dan menjaga tradisi budaya Indonesia. Insya Allah nilai-nilai keagungan, nilai-nilai keteladanan, akan terpelihara sampai ila yaumil qiyamah," tutur eks Wakil Ketua DPR RI itu.

Kemudian, yang kedua yaitu Festival Palang Pintu dan kegiatan budaya-budaya lainnya akan menambah aktivitas ekonomi dan hiburan. Ia bilang hal itu produktif dan punya makna jaga kesehatan dan kebugaran masyarakat. Menurut dia, seni, olahraga bisa jadi satu kesatuan. 

"Seluruh kelompok-kelompok seni dan budaya terlibat dan menjadi bagian kontributor yang akan membantu majunya ekonomi rakyat kita," ujarnya.

Ketiga, kata Cak Imin, Festival Palang Pintu dan seluruh kegiatan seni membawa nama bangsa ini menjadi harum. Ia bilang bangsa Indonesia akan dilihat kaya dengan berbagai keindahan dan budayanya. 

"Insya Allah kita berkontribusi bagi tegaknya dan berkibarnya Merah Putih di tengah sengitnya pertempuran dan persaingan budaya," sebut Cak Imin. 

"Selamat atas terlaksananya Festival Palang Pintu ke-16. Jaya terus, maju terus, kita laksanakan sampai kiamat di Festival Kemang. Festival Palang Pintu," tutur Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya