Satu-satunya Politikus Perempuan Pimpin Fraksi DPR, Putri Zulkfili Hasan: Saya Sangat Terhormat

Ketua Fraksi PAN DPR RI Putri Zulhas, Futri Zulya Savitri
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Futri Zulya Savitri alias Putri Zulkifli Hasan dipercaya jadi Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR RI periode 2024-2029. Putri diplot menggantikan Saleh Partaonan Daulay

Dilantik Jadi Anggota DPR, Verrell Bramasta Janji Tidak Ambil Gaji Setahun

Pengangkatan Putri itu diumumkan melalui Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat PAN tentang pimpinan Fraksi PAN DPR RI. Dengan posisi penunjukan Putri jadi momen penting karena ia satu-satunya politikus perempuan yang menduduki posisi Ketua Fraksi dalam DPR RI periode ini.

Putri mengaku punya program dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, anak, dan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dia pun menuturkan dirinya merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan partai.

Bakal Dilantik Jadi Anggota DPR, Uya Kuya Janji Tak Akan Kecewakan Rakyat

"Saya merasa sangat terhormat dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh partai. Ini merupakan tanggung jawab yang besar. Namun, dengan dukungan penuh dari rekan-rekan, kami akan bekerja keras untuk menyuarakan aspirasi rakyat," kata Putri, dalam keterangannya, Kamis, 3 Oktober 2024.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Kongres ke-6 PAN dan HUT PAN ke-26

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Alasan Zulhas Tunjuk Eko Patrio Jadi Sekjen PAN

Kepemimpinan Putri menggantikan Saleh Daulay diharapkan akan bawa semangat baru. Hal itu terutama dalam menghadapi tantangan legislasi di masa depan atau transisi pemerintahan saat ini.

Dalam tugasnya nanti di parlemen, Putri akan dibantu oleh sejumlah Wakil Ketua Fraksi. Selain itu, ada juga sekretaris, dan bendahara yang berkompeten di bidangnya. 

Penunjukan Putri juga memperlihatkan PAN memberikan ruang bagi perempuan untuk mengambil peran dalam dunia politik. 
PAN juga punya harapan kepada Putri sebagai satu-satunya perempuan yang jabat Ketua Fraksi dalam DPR RI periode ini.

Putri sulung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas itu diharapkan mampu jadi panutan bagi perempuan Indonesia lainnya untuk berani terjun dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan publik.
 

Sekjen PAN Eko Patrio mendampingi Zulkifli Hasan. Ada Pasha dan Uya Kuya

PAN Dapat 5 Kursi Menteri? Eko Patrio Singgung 3 Kali Pilpres Dukung Prabowo Subianto

Sekjen PAN, Eko Patrio enggan berspekulasi lebih jauh soal jatah lima kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Eko hanya menyebut PAN sudah 3 kali dukung Prabowo Subianto

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2024