Ketua MPR Ajak Parlemen Sukseskan Pelantikan Presiden Prabowo

Ahmad Muzani resmi dilantik menjadi Ketua MPR RI bersama 8 Wakil Ketua
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Ketua MPR RI, Ahmad Muzani mengajak seluruh unsur di parlemen untuk mensukseskan penyelenggaraan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

Habiburokhman Sebut Abcandra Wakil Ketua MPR Termuda dalam Sejarah

Muzani menyebut bahwa agenda yang akan segera diselenggarakan itu merupakan tugas konstitusional yang penting. Selain seluruh unsur di parlemen mulai dari MPR, DPR, DPD, Sekjen Partai Gerindra itu juga mengajak seluruh pimpinan parpol turut menyukseskan pelantikan kepala negara tersebut.

"Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tersebut adalah bukti kita telah melangkah maju melaksanakan demokrasi yang baik," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis, 3 Oktober 2024. 

Pidato Perdana di MPR, Muzani Minta Pemerintah Gunakan Pengaruh Tekan Konflik Timur Tengah

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Muzani, seluruh pihak patut bangga bahwa demokrasi yang diterapkan di Republik Indonesia adalah demokrasi Pancasila, yakni demokrasi yang memiliki ruh kebangsaan yang memuliakan, merawat keberagaman, membangun persatuan dan keberagaman serta perbedaan.

Puan Sebut Megawati Bakal Masak Nasi Goreng Buat Prabowo saat Bertemu

Selain itu, demokrasi di Indonesia juga perlu mewujudkan impian kebersamaan dalam rumah besar Indonesia sebagai rumah besar Pancasila.

"Inilah yang harus terus kita jaga pada masa-masa yang akan datang, dan MPR memiliki tugas itu," ujarnya.

Di samping itu, Muzani menekankan tugas yang akan datang bagi para Pimpinan MPR tidaklah ringan. Menurut Muzani, Pimpinan MPR memerlukan kerja sama antara para Pimpinan Fraksi dan para anggotanya.

Ahmad Muzani resmi dilantik menjadi Ketua MPR RI bersama 8 Wakil Ketua

MPR RI Setujui Pembentukan 3 Badan Baru

Sidang paripurna tersebut menyetujui delapan pimpinan MPR RI lainnya untuk dilantik.

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2024