Ahmad Muzani Terpilih jadi Ketua MPR RI 2024-2029

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Rapat gabungan pimpinan MPR RI yang berlangsung Rabu malam, 2 Oktober 2024, menetapkan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029. 

Rachel Maryam Ungkap Gerindra Intens Lobi Parpol Lain Jadikan Ahmad Muzani Ketua MPR RI

Keputusan tersebut diambil secara musyawarah mufakat oleh perwakilan fraksi-fraksi partai politik yang ada di DPR RI dan perwakilan kelompok DPD RI.

“Telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya, kolega saya, di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya bapak H Ahmad Muzani,” kata Ketua Fraksi PDIP di MPR RI, Ahmad Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu malam. 

Jadi Kandidat Kuat Ketua MPR, Begini Respons Muzani Gerindra

Ahmad Muzani, yang juga menjabat sebagai Sekjen Partai Gerindra, bakal didampingi oleh delapan Wakil Ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi.

Sementara nama Wakil Ketua dari unsur DPD RI masih menunggu hasil rapat final yang dijadwalkan berlangsung malam ini.

Kahar Muzakir Dikabarkan Akan Jadi Pimpinan MPR dari Fraksi Golkar

Adapun, untuk Rapat Paripurna MPR dijadwalkan digelar pada Kamis, 3 Oktober 2024, pukul 10.00 WIB untuk mengesahkan susunan pimpinan MPR yang baru. Basarah juga mengajak media untuk hadir meliput penetapan tersebut.

“Jadi dengan demikian besok pukul 10.00 WIB pagi kita harapkan teman-teman media dapat datang dan meliput untuk menyebarkan kepada seluruh rakyat Indonesia besok akan terbentuk pimpinan MPR yang baru. Terima kasih,” kata Basarah.

Sidang Paripurna Ke-2 Masa Jabatan Anggota MPR RI periode 2024-2029

Pemilihan dan Penetapan Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029 Digelar Hari Ini

Masing-masing fraksi sudah mengantongi nama bakal calon ketua dan wakil ketua MPR untuk diusulkan.

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2024