Sultan Najamudin Terpilih jadi Ketua DPD RI 2024-2029 Kalahkan La Nyalla

Pemilihan Ketua DPD RI 2024-2029
Sumber :
  • Tangkapan Layar/ tvOne

Jakarta, VIVA – Hasil penghitungan suara pada pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPD RI, dimenangkan oleh Sultan B Najamudin. Pemungutan suara dilangsungkan di ruang sidang DPD RI, Senayan Jakarta sejak Selasa malam 1 Oktober 2024 hingga Rabu dini hari 2 Oktober.

Panas! La Nyalla dan Sultan Najamudin Nyaris Adu Jotos Berebut Kursi Pimpinan DPD RI

Sultan Najamudin menang setelah meraup 95 suara. Sedangkan pesaingnya yakni La Nyalla Mattalitti meraih 56 suara.

Pada pemilihan ini, ratusan anggota DPD RI memilih paket pimpinan. Dimana dalam paripurna sebelumnya yang dipimpin dua senator tertua dan termuda sebagai pimpinan sementara, mensahkan dua paket pimpinan.

Guyon Komeng soal Ketua DPD RI: Kalau Saya yang Pimpin, Gedung Roboh

Pada paket pertama adalah calon Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, beserta dengan tiga calon Wakil Ketua yaitu Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muh Ihsan.

Adapun paket pimpinan kedua adalah Sultan B Najamudin bersama tiga calon Wakil Ketua DPD RI yakni GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung.

Komeng Pilih Dukung La Nyalla jadi Ketua DPD RI 2024-2029

Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sultan B Najamudin

Photo :
  • DPD RI

Dalam perhitungan suara, awal-awal sempat berimbang antara La Nyalla dengan Sultan Najamudin. Hingga pertengahan suara, paket pimpinan Sultan mulai unggul puluhan suara. Paket La Nyalla sempat mengejar dari ketertinggalan. Tetapi paket Sultan tidak terkejar dan terus unggul dari La Nyalla yang merupakan Ketua DPD RI periode sebelumnya.

Riuh suara para anggota meneriakkan nama Sultan Najamudin. Tidak hanya itu, beberapa anggota juga bersalawat usai suara terakhir dihitung. Ucapan selamat juga disampaikan para anggota

Dengan hasil ini, maka pimpinan DPD RI periode 2024-2029 adalah Ketua Sultan B Najamudin, Wakil Ketua GKR Hemas, Wakil Ketua Yorrys Raweyai, dan Wakil Ketua Tamsil Limrung.

Sebelum pemilihan, kedua calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misi di hadapan para senator tersebut. Sultan Najamudin sempat menyinggung beberapa point terkait dia maju sebagai calon. Termasuk soal kepemimpinan muda.

“Kepada sahabat-sahabatku yang muda muda ini momentum kita,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya