Jadi Sekjen PAN, Eko Patrio Sebut Banyak Hal Harus Dibenahi

Sekjen PAN Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio mengatakan, banyak hal yang harus dia benahi setelah ditunjuk sebagai Sekjen DPP PAN oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). 

Pimpin DPR Lagi, Puan: Mari Jalankan Amanat Rakyat dengan Penuh Tanggung Jawab

Untuk itu, Eko mengatakan, hal pertama yang dilakukannya adalah konsolidasi di internal PAN. "Yang pasti konsolidasi ke dalam dulu, konsolidasi internal dulu. Banyak yang harus dibenahi," kata Eko di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2024. 

Pada Pemilu 2024, PAN meraih 48 kursi DPR. Raihan di Pemilu 2024 ini, menurut Eko, perlu dievaluasi agar PAN mendapat hasil lebih baik pada pemilu mendatang. "Jadi sekarang lebih banyak konsolidasi ke dalam," ujarnya. 

Pimpinan DPR RI Periode 2024-2029: Puan Ketua, Dasco hingga Cucun Jadi Wakil

Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio.

Photo :
  • Dokumentasi PAN

Diberitakan, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas menunjuk Eko Hendro Purnomo atau yang akrab disapa Eko Patrio sebagai sekjen PAN periode 2024-2029. Eko menggantikan Eddy Soeparno. 

Pelantikan DPR RI 2024-2029, Verrell Bramasta: Saya Resmi Sepenuhnya Milik Rakyat

Keputusan Eko sebagai sekjen PAN itu disampaikan Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Muladi melalui keterangan tertulis, Senin, 30 September 2024.

Menurut Viva, dalam waktu dekat Zulhas sebagai ketua umum terpilih sekaligus formatur tunggal hasil kongres VI, akan mengumumkan secara resmi susunan kepengurusan DPP PAN periode 2024-2029. Ia mengungkapkan, Zulhas menunjuk Eko karena diyakini sebagai pilihan yang baik, rasional dan objektif.

"(Alasan pertama) Eko Patrio berpengalaman sebagai anggota DPR selama empat periode, dari 2009 sampai 2024. Interaksi, komunikasi, dan jaringan politiknya semakin bagus dan tidak diragukan lagi," kata Viva. 

Alasan kedua, di masa kepemimpinan Eko Patrio sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DKI, capaian PAN di DPRD Jakarta bertambah dari dua menjadi sembilan kursi. PAN juga mendapatkan kursi wakil ketua DPRD DKI. Pada Pemilu 2024 lalu perolehan kursi bertambah menjadi 10 kursi. "Hal ini menunjukkan Eko Patrio memiliki talenta dan kerja politik yang tangguh dan teruji," ujarnya.

Ketiga, lanjut Viva, latar belakang Eko Patrio sebagai pekerja seni yang profesional telah menunjukkan kelasnya. Ia menuturkan Eko Patrio mengerti suasana kebatinan pemilih, terutama dari generasi milenial dan gen Z.

"Diharapkan dengan adanya Eko Patrio di posisi sekjen akan dapat menjadi magnet yang menarik mereka masuk ke PAN, kami optimistis akan dapat menambah energi baru bagi kiprah dan perjuangan politik PAN ke depan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya