Said PDIP Usul Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani saat menghadiri pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Gerakan Muslim Indonesia Raya (Gemira) di Jakarta, Sabtu, 21 September 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.

Jakarta, VIVA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah mengusulkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029. 

Keluarga Gus Dur dan Pengurus PKB Hadiri Silaturahmi Kebangsaan MPR

"Kalau dari pandangan PDIP yang paling pas Pak Muzani," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah

Photo :
  • DPR RI
Matahari Pagi Indonesia Deklarasi Jadi Ormas, Ahmad Muzani Ungkap Tugasnya Bantu Pemerintah Prabowo

Said menuturkan, untuk posisi Ketua DPR RI sepertinya sudah ada kesepakatan, yakni Puan Maharani. Pasalnya, berdasarkan UU MD3 itu merupakan jatah dari PDI Perjuangan. 

"Dari PDIP sesuai dengan UU MD3 insyaAllah kalau tidak ada aral tidak ada halangan tidak ada hambatan mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," kata Said. 

Usai MPR Cabut TAP soal Soeharto dan Gus Dur, Mereka Dinilai Layak Dapat Gelar Pahlawan

Diketahui, sebanyak 580 anggota DPR RI dan 136 DPD RI periode 2024-2029 dilantik hari ini Selasa, 1 Oktober 2024.

Mereka mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin di Ruang Paripurna DPR, gedung Nusantara atau Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Berikut ini sumpah/janji anggota DPR masa bakti 2024-2029:

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah itu, anggota DPR menandatangani berita acara sumpah/janji, yang dilakukan secara simbolis oleh 5 anggota Dewan. Lalu ada penyerahan Memori DPR oleh Pimpinan DPR periode 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR dan penandatanganan berita acara serah-terima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya