Ridwan Kamil Sebut Pelajar SMK Penyumbang Terbesar Pengangguran, Ini Solusinya

Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil
Sumber :
  • Youtube Kahfeveryday

Jakarta, VIVA - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil alias RK mengatakan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi penyumbang terbesar pengangguran di Jakarta. Maka itu ia ingin membangun bidang pendidikan di Jakarta agar lebih baik kedepannya.

Dharma Pongrekun Gagas Kolam Pipi Monyet untuk Atasi Banjir Jakarta, Apa Maksudnya?

Salah satu caranya, yaitu Ridwan Kamil ingin berkolaborasi dengan bidang industri, menjadi bapak asuh dari pelajar SMK.

Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil dalam acara bertajuk Jakarta Forward #dicukurandy: 3 Calon Gubernur Jakarta yang diadakan di Indonesia Arena, GBK, Sabtu, 28 September 2024.

Ridwan Kamil Klaim Punya Pengalaman Banyak: Pimpin Jakarta atau Bandung Sama Saja

"Kemudian SMK, sebagai penyumbang terbesar pengangguran di Republik Indonesia. Nanti akan dibikin SMK Shopee, SMK Samsung, ada SMK Microsoft, SMK Hyundai. Kita ajak industri menjadi bapak asuh SMK yang selama ini tidak terjadi di Jakarta," kata Ridwan Kamil.

Selain itu, Ridwan Kamil juga ingin memperluas beasiswa bagi pelajar di Jakarta. Salah satu contohnya ialah beasiswa untuk aktivis dan masyarakat Betawi.

Paham Dapur Presiden 2 Periode Jadi Modal Pramono Anung Pimpin Jakarta

"Pendidikan lagi, perluasan beasiswa, KJMU diperluas. Itu hak, pernah saya lakukan. Bahkan, saya berinovasi dulu beasiswa untuk aktivis. Ada beasiswa sekarang khusus untuk anak-anak Betawi yang curhatannya merasa ditinggalkan," kata dia.

Ridwan Kamil juga memiliki keinginan untuk menggratiskan sekolah swasta bagi warga yang kurang mampu. Ia berharap agar seluruh anak-anak memiliki kesempatan pendidikan yang sama.

Tujuannya, kata dia, untuk menghadirkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

"Program gratis sekolah sampai ke swasta. Karena kaum dhuafa tidak bisa masuk ke sekolah negeri, kita gratiskan di swasta tentunya kita sesuaikan dengan ukurannya. Kita dorong, program satu keluarga punya satu sarjana. Kita dorong pendidikan berbasis budaya sudah saya lakukan dan ini akan menghadirkan kualitas SDM, tidak hanya pintar otak kiri, tapi juga pintar otak kanan dan punya akhlak yang kita harapkan," tutur dia.

Cagub Jakarta Pramono Anung

Pramono Janji Bakal Lebih Tegas dari Ahok jika Jadi Gubernur Jakarta

Calon gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung berjanji bakal lebih tegas dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok jika berhasil terpilih menjadi gubernur Jakarta

img_title
VIVA.co.id
29 September 2024