Pramono: Penanganan Banjir Jakarta Harus Terintegrasi dengan Pemerintah Pusat

Cagub dan cawagub Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno deklarasi pemilu damai
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung bakal fokus membenahi masalah utama yang ada di Jakarta ketika mendapat amanah menjadi Gubernur nantinya bersama Rano Karno. Salah satu masalah yang akan diselesaikan Pramono ialah banjir.

Keseruan Saat Ridwan Kamil Ketemu Rano dan Pramono, Sampai Cium Tangan dan Bilang Guru

Ia menilai pemerintah pusat harus saling terintegrasi dengan Pemerintah Daerah untuk menangani masalah banjir.

"Jadi untuk hujan di Jakarta atau banjir ini sebenarnya penanganannya harus terintegrasi dengan pemerintah pusat," kata Pramono di Jakarta pada Jumat, 27 September 2024.

Dukungan Warga Kampung Bayam Untuk Pramono Anung di Pilgub Jakarta

Cagub dan cawagub Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno deklarasi pemilu damai

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Ia menyebut pemerintah pusat sudah membuat Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi yang sangat efektif untuk mengatasi banjir di Jakarta. Menurutnya, Pemerintah Daerah harus membantu upaya penanganan banjir dengan mengoptimalkan pengoperasian pompa air.

Rano Karno Janji Naikkan Gaji Petugas Jumantik: Masa Orang Ngitungin Nyamuk Gajinya Rp 500 Ribu

"Pemerintah pusat kan sudah membangun dua waduk utama di Sukamahi dan Ciawi. Itulah yang menjadi kenapa sekarang sudah mulai berkurang banjir di Jakarta. Tetapi, tidak kalah pentingnya di hulunya di Jakarta sendiri, maka pompa-pompa harus disiapkan dari sekarang, baik di Ancol, di Marina, di Sentiong, itu juga harus disiapkan," ujar Pramono.

Selain waduk, Pramono juga menilai pengerjaan proyek sodetan harus segera diselesaikan untuk mengatasi banjir, mengingat Indonesia sebentar lagi akan memasuki musim hujan.

“Turap maupun sodetan yang harus diselesaikan sekarang kan sudah hampir selesai. Saya yakin sekarang ini walaupun sudah musim hujan, terutama di beberapa daerah yang dulu menjadi langganan pasti akan mulai berkurang. Tetapi, daerah-daerah baru yang padat dan ada daerah resapannya digunakan untuk membangun apartemen atau tempat sarana umum lainnya. Inilah yang menjadi persoalan baru dan itu harus diatasi," imbuhnya. 

Cagub-cawagub Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil dan Suswono usai berziarah ke makam tokoh Betawi di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat

Elektabilitas Ridwan Kamil Unggul dari Pramono tapi Selisihnya Tipis, Menurut Poltracking

Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru mereka: Ridwan Kamil dan Suswono unggul dibandingkan Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

img_title
VIVA.co.id
27 September 2024