Pilkada 2024, Daftar Lima Kabupaten di Sumatera Utara Lawan Kotak Kosong

Calon Bupati dan Wakil Bupati Serdangbedagai, Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan dengan memperoleh nomor urut 1 dan kotak kosong nomor urut 2.(instagram KPU Serdangbedagai)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Sumatera Utara, VIVA - Ada lima Kabupaten di Sumatera Utara hanya akan diikuti satu calon Bupati dan Wakil Bupati atau calon tunggal dalam Pilkada Serentak 2024. Sehingga, calon tunggal ini akan berhadapan dengan kolom kosong atau dikenal dengan sebutan lawan kotak kosong

DKPP Sarankan PBNU Laporkan Ketua KPU Buntut Pergantian 5 Anggota DPR Terpilih PKB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing wilayah tersebut, sudah menggelar pengundian dan penetapan nomor urut yang diikuti satu pasangan calon saja. 

Adapun, lima Kabupaten di Sumatera Utara melawan kotak kosong di Pilkada Serentak 2024 ini adalah Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhanbatu Utara, dan Nias Utara.

Jubir Edy Rahmayadi Balas Bobby Nasution: APBD Tak Seluruhnya untuk Pembangunan Infrastruktur

"Iya benar, ada 5 Kabupaten Sumut di Pilkada 2024, melawan kotak kosong," kata Ketua KPU Sumatera Utara, Agus Arifin saat dikonfirmasi VIVA pada Jumat, 27 September 2024.

Calon Bupati dan Wakil Bupati Serdangbedagai, Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan dengan memperoleh nomor urut 1 dan kotak kosong nomor urut 2.(instagram KPU Serdangbedagai)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)
Keseruan Saat Ridwan Kamil Ketemu Rano dan Pramono, Sampai Cium Tangan dan Bilang Guru

Agus mengungkapkan kelima KPU tersebut, yang akan menggelar Pilkada Serentak hanya memiliki satu pasangan calon kepala daerah sudah menggelar pengundian dan penetapan nomor urut.

"Calon tunggal di Sumut yakni Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Asahan," ucap Agus. 

Pada Pilkada Serdang Bedagai, hanya memiliki satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan dengan memperoleh nomor urut 1 dan kotak kosong nomor urut 2.

Paslon tunggal yang merupakan incumbent keduanya itu diusung PDI Perjuangan, Partai NasDem, Partai Hanura, PKS, PAN, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, Partai Demokrat, Partai Buruh, PSI, dan Partai Gelora.

Pilkada Labuhanbatu Utara (Labura) 2024, pasangan claon Bupati dan Wakil Bupati, Hendri Yanto Sitorus-Samsul Tanjung, mendapatkan nomor urut 2. Sementara, kotak kosong mendapat nomor urut 1.

Pasangan calon ini pun diusung Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Demokrat, PBB, Partai Hanura, PKB, PPP, dan PKS.

Pilkada Pakpak Bharat 2024, juga terjadi lawan kotak kosong. Di mana, Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin mendapatkan nomor urut 1 dan kotak kosong nomor urut 2. 

Sedangkan, Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin diusung Partai NasDem, Partai Hanura, PKS, PAN, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, PDIP, Partai Demokrat, dan PSI.

Pilkada Nias Utara juga melawan kolom kosong atau kotak kosong, yakni pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Amizaro Waruwu-Yusman Zega, dapat nomor urut 2 dan kotak kosong nomor urut 1.

Selanjutnya, Pilkada Asahan 2024, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Taufik Zainal Abidin-Rianto mendapatkan nomor urut 1 dan kotak kosong nomor urut 2.

Taufik Zainal Abidin-Rianto diusung PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, Partai Hanura, PAN, Partai Demokrat, dan PPP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya