Sederet 'Janji Manis' Pasangan Ridwan Kamil-Suswono dalam Membangun Jakarta

Ridwan Kamil-Suswono, Cagub-Wagub Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) memiliki visi misi untuk membangun Jakarta menjadi kota global.

Puas dengan Layanan Jaklingko, Rano Karno Janji Ingin Perbanyak Armadanya

Pasangan calon gubernur yang diusung gabungan Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus itu ingin menjadikan Jakarta sebagai kota global yang maju dengan inovatif, berkeadilan dan sejahtera.

Dokumen visi dan misi yang memuat 65 halaman itu, secara garis besar mengusung enam misi, yakni:

Kompeten dan Dekat Dengan Rakyat, Elly Lasut Dinilai Figur Tepat untuk Memimpin Sulut

1. Membentuk Manusia Pancasila yang Berdaya Saing, Setara, Berdaya, dan Berperadaban Luhur

Janji yang pertama Pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) ingin membentuk masyarakat Jakarta yang berkarakter kuat dan berdaya saing tinggi.

Anies Baswedan Rilis Visi Misinya di Pilgub Jakarta Usai Gagal Nyagub

Yakni dengan mengedepankan pendidikan karakter dan ketahanan keluarga sebagai pondasi utama.

Selain itu, manajemen kependudukan dan kesetaraan gender menjadi perhatian khusus.

Ridwan Kamil dan Suswono juga berjanji untuk menghadirkan ruang publik yang inklusif dan membangun universitas serta pusat riset kelas dunia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jakarta.

2. Mewujudkan Kota Global yang Berketahanan

Dalam menghadapi tantangan global, pasangan ini berkomitmen menjadikan Jakarta sebagai kota yang tangguh dan siap menghadapi bencana atau mitigasi bencana.

Selain itu, RIDO ingin memperkuat konektivitas regional melalui pengelolaan aglomerasi perkotaan Jabodetabekpunjur yang meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur.

Mereka juga berjanji ingin meningkatkan daya saing Jakarta sebagai kota global dengan membangun infrastruktur berkelas dunia.

3. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif

Pertumbuhan ekonomi yang inklusif menjadi salah satu prioritas utama pasangan Ridwan kamil-Suswono.

RIDO berkomitmen untuk menekan angka kemiskinan ekstrem, mempermudah investasi, dan menciptakan iklim bisnis yang kondusif. Pasangan ini juga fokus pada ketahanan pangan, peningkatan lapangan kerja, serta memperkuat UMKM dan kewirausahaan.

Termasuk berencana mengembangkan pasar tradisional dan tematik serta meningkatkan upah berkeadilan untuk seluruh pekerja Jakarta.

4. Membangun Kota Layak Huni Kelas Dunia dengan Infrastruktur yang Berkelanjutan

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono berencana menciptakan Jakarta sebagai kota layak huni kelas dunia.

Dengan tata ruang yang harmonis, mereka akan menyediakan perumahan terjangkau dan infrastruktur perkotaan yang mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Ketersediaan air bersih, udara bersih, serta transportasi publik yang terintegrasi dan terjangkau juga menjadi fokus utama.

Selain itu, mereka ingin mendorong gaya hidup bebas sampah (zero waste) dan pembangunan berbasis TOD (Transit Oriented Development).

5. Menghadirkan Pemerataan Pembangunan di Semua Wilayah Jakarta

Pasangan RIDO berkomitmen untuk mengurangi kesenjangan pembangunan antarwilayah di Jakarta, termasuk mempercepat pembangunan di Kepulauan Seribu.

Mereka juga berencana untuk melakukan peremajaan kota, memastikan aksesibilitas hingga ke pelosok terakhir (last mile), serta redistribusi kegiatan ekonomi di seluruh enam kota atau kabupaten administratif Jakarta.

6. Membentuk Pemerintahan yang Transparan, Transformatif, dan Proaktif dalam Memberikan Pelayanan

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono ingin mewujudkan pemerintahan yang bersih, profesional, dan akuntabel.

Mereka menekankan pentingnya birokrasi yang kolaboratif, demokratis, dan berorientasi pada hasil.

Transformasi digital akan menjadi kunci dalam memperbaiki kualitas layanan publik, serta inovasi pembiayaan pembangunan untuk memastikan Jakarta tetap maju dan berkembang secara berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya