Sejumlah Pesantren di Kediri Dukung Risma-Gus Hans, Anggap Bisa Jembatani Aspirasi Santri

Calon wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 3 Gus Hans di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Dusun Jombangan, Desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis, 26 September 2024.
Sumber :
  • ANTARA

Kediri, VIVA - Sejumlah pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, memberikan dukungan untuk pasangan calon gubernur jatim dan calon wakil gubernur Jatim Tri Rismaharini - Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) dalam Pilkada 2024 Jawa Timur, karena Gus Hans dianggap bisa menjembatani aspirasi kalangan pondok pesantren atau santri.

Pilkada Ulang Digelar September 2025 Jika Kotak Kosong Menang

"Gus Hans adalah sosok yang berasal dari kalangan (pondok) pesantren, dengan nasab kiai. Orang dengan nasab kiai pasti memiliki kebaikan dalam dirinya," kata pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Ibaad Dusun Templek, Desa Ngino, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri Gus Basori Alwi dalam keterangannya di Kediri, Kamis, 26 September 2024.

Tentang alasan utama dukungan tersebut, ia menjelaskan sosok Gus Hans dinilai sebagai representasi pondok pesantren dan komunitas Nahdliyyin. Sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al Azhar Darul Ulum Jombang, Gus Hans dianggap mampu menjembatani aspirasi kalangan pondok pesantren di Jawa Timur.

Anies Baswedan Rilis Visi Misinya di Pilgub Jakarta Usai Gagal Nyagub

Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans saat di Malang.

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Pihaknya bersama sejumlah kiai muda (gus) dari Kabupaten Kediri memang memberikan dukungan kepada pasangan calon gubernur jatim dan calon wakil gubernur Jatim Tri Rismaharini - Gus Hans dalam Pilkada 2024. Dukungan ini sekaligus harapan agar pesantren semakin maju pendidikannya.

Prabowo dan Gibran akan Kampanyekan Andra-Dimyati di Pilgub Banten 2024

Kegiatan deklarasi dukungan itu dilakukan dalam acara yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Dusun Jombangan, Desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, pada Rabu malam.

Kegiatan tersebut juga diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menampilkan penampilan khas dari Gus Aly "Mafia Sholawat".

Terdapat ratusan jamaah hadir serta dalam kegiatan pengajian tersebut, memadati halaman pondok pesantren.

Warga menentukan pilihannya dalam Pilkada. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Dalam acara itu, Gus Hans hadir langsung. Di hadapan jamaah, ia mengatakan kekagumannya terhadap calon Gubernur Jatim Tri Rismaharini yang ia anggap sebagai pemimpin yang jujur dan tegas.

Dirinya mencontohkan keberhasilan Risma dalam menutup lokalisasi Dolly, yang pernah menjadi salah satu lokalisasi terbesar di dunia.

Menurut Gus Hans, pengalaman bertemu dengan Risma di Mekkah pada 2022 juga menjadi salah satu momentum penting, yang juga percaya bahwa pertemuan tersebut membawa mereka ke tahap hingga kini sebagai pasangan calon dalam Pilkada 2024.

"Mudah-mudahan semua doa yang kalian panjatkan di sini di-ijabah oleh Allah SWT," kata Gus Hans di hadapan jamaah.

Dalam Pilkada 2024, KPU Provinsi Jawa Timur juga telah menjadwalkan untuk kampanye pasangan calon. Sesuai dengan aturan dari pusat, untuk jadwal kampanye pasangan calon peserta pilkada adalah 25 September 2024 sampai 23 November 2024.

Pilkada Jatim tahun 2024 ini diikuti tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim yakni pasangan nomor urut 1 adalah Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, kemudian nomor urut 2 adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan pasangan nomor urut 3 adalah Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya