Kata Jokowi Soal Kabar Prabowo Bentuk 44 Kementerian: Kok Tanya Saya

Pesawat Rombongan Presiden Jokowi Mendarat Perdana di Bandara VVIP IKN
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal rencana Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada periode 2024-2029 mendatang, akan membentuk 44 kementerian. Menurut dia, itu merupakan kewenangan pada Presiden RI periode lima tahun mendatang.

Pesan Jokowi ke Masyarakat Jelang Pensiun: Minta Prabowo Lanjutkan Bansos Beras

“Ditanyakan ke Presiden terpilih, itu hak prerogratif. Kok ditanyakan kepada saya. Ditanyakan Presiden terpilih,” kata Jokowi usai meninjau pasar di Penajam Paser, Kalimantan Timur pada Kamis, 26 September 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Istana Negara IKN

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Legacy Jokowi, Digitalisasi adalah Kunci

Kata Jokowi, rakyat Indonesia telah memberikan amanah memimpin negeri ini selama lima tahun ke depan kepada Prabowo dan Gibran sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih pada Pemilu 2024. Sehingga, lanjut dia, apapun keputusan yang diambil merupakan prerogratif dari Presiden terpilih.

“Itu hak prerofatif kewenangan di Presiden terpilih, karena sudah diberi mandat diberi amanah oleh rakyat,” ujarnya.

Temui Relawan, Bobby Nasution Blak-blakan Sebut Bagian dari Keluarga Mulyono

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sejak Selasa hingga Kamis, 24-26 September 2024. Selanjutnya, Jokowi akan melakukan kunjungan terbatas ke Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Kepala Negara bersama rombongan terbatas lepas landas dari Helipad MBH, kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Di Kabupaten Paser, Presiden Jokowi diagendakan melakukan peninjauan fasilitas pendidikan di SMK Negeri 1 Tanah Grogot. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga melakukan peninjauan persediaan beras di Komplek Pergudangan Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Setelah dari Kabupaten Paser, Presiden Jokowi dan rombongan akan kembali ke kawasan IKN dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. 

Setibanya di Bandara Nusantara kawasan IKN, Presiden Jokowi akan berganti moda transportasi menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 untuk lepas landas menuju Kabupaten Berau.

"Di Kabupaten Berau, Presiden Jokowi direncanakan untuk mengunjungi Pasar Sanggam Adji Dilayas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai. Usai peninjauan, Presiden akan langsung kembali ke Jakarta melalui Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya