Ziarah ke Makam Tokoh Betawi saat Awal Kampanye, RK-Suswono Dinilai Paham Tata Krama

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono ziarah ke makam tokoh Betawi.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Pasangan cagub dan cawagub Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) memulai hari kampenye pertama dengan ziarah ke makam sejumlah tokoh Betawi. Salah satunya RK-Suswono ziarah ke  makam Abraham Lunggana alias Haji Lulung.

Mau Kampanye Keliling Jabar, Ronal Supardja Sungkeman hingga Minta Doa Orang Tua

Dalam momen ziarah itu, pasangan RIDO ditemani Ketua Umum Dewan Adat Bamus Betawi, Muhammad Rifqi alias Eki Pitung. Selain itu, ada juga Pembina Relawan Garnisun 08 Heikal Safar.

Eki Pitung mengatakan kegiatan ziarah RK-Suswomo merupakan bagian dari perjuangan dengan mendoakan tokoh-tokoh Betawi yang dianggap berjasa besar untuk kesejahteraan dan kemajuan Kota Jakarta.

Pesan Jokowi untuk Para Calon Kepala Daerah yang Berkampanye: Semangat

"Kudu ada tata krama dan sopan santun dengan menziarahi tokoh-tokoh besar Betawi," kata Eki Pitung, di TPU Karet Bivak, Rabu, 25 September 2024.

Pasangan RK-Suswono bersama elite pendukungnya seperti Heikal Safar.

Photo :
  • Istimewa
Riza Patria Yakin Tak Ada Penolakan Warga saat RK-Suswono Kampanye

Heikal Safar menuturkan langkah pasangan RIDO dengan ziarah ke makam tokoh Betawi karena dinilai memahami sejarah suku asli di Jakarta. Menurut dia, cara itu sudah benar.

"Hingga akhirnya pasangan cagub dan cawagub Jakarta RIDO bisa mewujudkan tagline Jakarta Baru Jakarta Maju," kata Heikal, dalam keterangannya dikutip pada Kamis, 26 September 2024.

Heikal menuturkan sejumlah tokoh makam Betawi yang didatangi pasangan RIDO seperti pahlawan nasional MH Thamrin, Fatmawati, komposer Ismail Marzuki. Selain itu, mereka juga ziarah ke makan seniman Betawi, Benyamin Sueb.

"RIDO juga berziarah ke makam tokoh Bamus Betawi yang juga pernah di PPP dan PAN, Abraham Lunggana atau Haji Lulung," ujar Heikal.

Sebelumnya, Eki Pitung bilang dalam berjuang di Jakarta mesti memiliki tata krama dan adab. Ziarah jadi salah satu bukti sowan terhadap para pejuang Kota Jakarta yang berujung bisa meraih kemenangan. 

"Mendoakan para tokoh Betawi yang wajib di kunjungi agar perjuangan di Kota Jakarta lebih tenang dan bisa menjadi kemenangan yang nyata untuk Jakarta Baru Jakarta Maju," kata Eki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya