Pilgub Kaltim: Petahana Isran-Hadi Dapat Nomor 1, Rudi-Seno 2

Pengundian Nomor Urut Cagub kaltim di Aula KPU Kaltim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Samarinda, VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) telah melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

KPU Tetapkan DPT Pilgub Sumut 2024 Sebesar 10.771.496 Pemilih

Pengundian dipimpin oleh Ketua KPU Kaltim, Fahmi Idris di Aula Kantor KPU Kaltim, Senin (23/9/2024). Hasil pengundian KPU, pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi ditetapkan sebagai pasangan calon nomor urut 1. Sementara itu, pasangan  Rudy Mas'ud dan Seno Aji mendapat nomor urut 2.

Ketua KPU Kaltim, Fahmi Idris, mengatakan setelah hasil pengundian maka masa kampanye resmi kedua paslon. "Proses pengundian berjalan lancar, dan kami berharap hasil pengundian ini menjadi awal dari kampanye yang damai dan demokratis menjelang Pilkada serentak 2024," katanya.

Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Dua Bulan Ini Jaga Elektabilitas akan Keliling Jabar

Pada proses pengundian, paslon Rudi – Seno diberi kesempatan mengambil undian yang pertama. Selanjutnya Petahana Isran – Hadi mengambil undian. “Tidak ada yang kecewa dengan nomor urut yang didapat, kedua paslon sama-sama gembira,” imbuhnya.

Setelah proses pencabutan nomor urut selesai, KPU Kaltim langsung melaksanakan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di aula Kantor KPU Kaltim.

Deklarasi Damai Pilwako Singkawang Ricuh gegara Beda Warna Bingkai, Pendukung Nyaris Bentrok

Fahmi mengungkapkan, dalam pengundian nomor urut, pendaftar pertama diberikan kesempatan untuk mengambil nomor undian sebelum pencabutan. KPU telah menyiapkan nomor undian dari 1 hingga 14. Pasangan yang menerima nomor terkecil berhak mengambil nomor urut yang telah disiapkan.

KPU menyebutkan bahwa paslon Isran-Hadi menjadi kandidat pertama yang mendaftar pencabutan nomor urut. Calon wakil gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, yang mewakili Isran mencabut nomor undian. Ia memperoleh angka 14. Sementara itu, Seno Aji mendapatkan nomor undian 6.

Calon Gubernur nomor urut 1, Isran Noor, menyatakan optimisme usai pengundian. Dalam sambutannya, Isran berterima kasih kepada para pendukung dan pihak KPU yang telah menyelenggarakan proses dengan baik. Ia juga yakin pasangan Isran-Hadi akan memenangkan Pilkada.   

"Terima kasih kepada para pendukung dan KPU Kaltim. Dengan dukungan kuat dari berbagai pihak, We would be the winner," kata Isran Noor. Sementara itu, calon gubernur nomor urut 2, Rudy Mas'ud menyebut pihaknya akan menjalankan proses kampanye dengan aman dan damai.

“Kami bersyukur atas dukungan semua pihak, kami siap menjaga kualitas demokrasi di Kalimantan Timur demi Pilkada yang aman, damai, dan penuh sportivitas," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya