Survei: Elektabilitas Agustiar-Edy Unggul Telak dari Rivalnya di Pilgub Kalteng 2024

Pasangan Pilgub Kalteng Agustiar Sabran-Edy Pratowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Pasangan Agustiar Sabran-Edy Pratowo dinilai masih jadi yang terkuat di Pilgub Kalimantan Tengah (Kalteng) 2024. Elektabilitas Agustiar-Edy jadi yang teratas dibanding paslon rival lainnya.

Pramono Sebut Bakal Usung Program yang Tak Mengawang-awang

Merujuk survei terbaru Poltracking Indonesia periode 2-8 September 2024, elektabilitas duet Agustiar-Edy berada di angka 41,6 persen. Temuan tersebut jauh dari para pesaingnya seperti Nadalsah-Supian Hadi yang berada di urutan kedua dengan 26,2 persen.

"Dalam simulasi 4 pasangan calon Gubernur–Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran–Edy Pratowo memperoleh angka elektabilitas 41,6%, diikuti Nadalsyah – Supian Hadi 26,2%," kata peneliti Poltracking Indonesia, Masduri Amrawi, Senin, 23 September 2024.

RK Tak Masalah Dapat Nomor Urut 1, 2 atau 3: Gak Ada Urusan, Insya Allah Kita Menang

Pasangan Cagub dan Cawagub Kalteng Agustiar Sabran-Edy Pratowo

Photo :
  • Istimewa

Masduri menjelaskan temuan lain dalam survei yakni pasangan Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya yang berada di posisi ketiga dengan 11,4 persen. Duel sengit terjadi antara Willy-Habib dengan Abdul Razak-Sri Suwanto di posisi keempat dengan 5,8 persen.

Kamala Harris Ungguli Donald Trump dalam Survei Terbaru Capres AS

"Sedangkan untuk pasangan Willy Midel Yoseph–Habib Ismail bin Yahya 11,4% dan Abdul Razak–Sri Suwanto 5,8%," tuturnya.

Survei terbaru Poltraking ini dilakukan pasca pendafataran cagub dan cawagub ke KPUD Kalteng pada Agustus lalu. Sebanyak 1.000 responden dilibatkan dalam survei. 

Lalu, angka margin of error +/- 3.1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Dalam surveinya, Poltracking menjangkau 14 Kabupaten, Kota dalam pengumpulan data. Survei tersebut juga berdasarkan dari daftra pemilih tetap (DPT) yang ada di Kalteng.

"Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei di Kalimantan Tengah pada awal September 2024 pasca pendaftaran Calon Gubernur – Wakil Gubernur ke KPUD Kalimantan Tengah," jelas Masduri.

Cabup dan Cawabup  Lampung Selatan Radityo Egi Pratama-M. Syaiful Anwar.

Dapat Nomor Urut Sama dengan Prabowo, Radityo Egi: Alhamdulillah Bahagia Sekali

Dia menilai, nomor dua sebagai simbol keseimbangan dan kolaborasi.

img_title
VIVA.co.id
23 September 2024