Pramono Ingatkan Kebutuhan Air Bersih di Jakarta Tak Boleh Bergantung pada Waduk Jatiluhur

Calon gubernur Jakarta Pramono Anung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Calon gubernur Jakarta Pramono Anung berbicara soal ketersediaan air bersih bagi masyarakat Jakarta. Ia menilai pemenuhan air bersih tak bisa mengandalkan waduk Jatiluhur, sementara Jakarta membutuhkan waduk lain untuk pemasokan air bersih.

Pramono-Rano Naik 'Oplet Si Doel' Ambil Nomor Urut di KPU Jakarta

"Maka mau tak mau, suka tidak suka, harus enggak boleh bergantung ke Waduk Jatiluhur harus ada terobosan baru waduk tempat air bersih di Jakarta," kata Pramono kepada wartawan di Jakarta, Senin, 23 September 2024.

Pramono menyebut pembangunan Waduk Ciawi dan Sukamahi memang menurunkan masalah banjir namun belum bisa menyelesaikan persoalan air bersih.

Pilkada Jakarta: RK-Suswono Nomor Urut 1, Dharma-Kun 2, Pramono-Rano 3

"Persoalan air bersih di Jakarta, pemerintahan sudah membangun Waduk Ciawi dan Sukamahi. Sodetan sudah diperbaiki Sentiong sudah dipasang pompa. Tiga belas aliran sungai relatif sudah diperbaiki, memang menurunkan banjir, tapi belum bisa menyelesaikan air bersih," ujarnya.

Pramono Ingin JIS Seperti Old Trafford yang Terkoneksi dengan Transportasi Umum

waduk Jatiluhur

Photo :
  • Antara/ Saptono

Maka itu, Pramono mengatakan harus ada waduk lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang dapat digunakan masyarakat Jakarta.

"Waduk yang di Jatiluhur kan tidak mencukupi. Dan itu persoalan panjangnya seperti yang disampaikan Bang Doel tadi bahwa harus ada waduk [lain]. Dan sekarang ini kan waduk sudah mulai dibangun untuk kebutuhan Jakarta, dari Banten. Tidak semuanya dari Jatiluhur, ya. Enggak mungkinlah," ujarnya.

Calon gubernur Jakarta Pramono Anung

Pramono Sebut Bakal Usung Program yang Tak Mengawang-awang

Pramono akan melanjutkan hal yang baik dari gubernur Jakarta sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
23 September 2024