Nomor Urut di Pilgub Jawa Timur: Luluk-Lukman Nomor 1, Khofifah-Emil 2, dan Risma-Gus Hans 3

Pengundian dan penetapan nomor urut paslon Pilgub Jatim di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Surabaya, VIVA – Pasangan calon Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jawa Timur, mengikuti tahap pengundian dan penetapan nomor urut calon oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah atau KPUD provinsi setempat, di Hotel Grand Mercure Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 23 September 2024.

700 Personel Gabungan Amankan Proses Pengundian Nomor Urut di KPU Kabupaten Tangerang

Hasilnya, pasangan Lukuk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim mendapatkan nomor urut 1. Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak nomor urut 2, dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta nomor urut 3.

Setelah mendapatkan nomor urut, ketiga pasangan calon kemudian maju sejajar di depan sambil menunjukkan nomor urut masing-masing. Hal itu membuat para pendukung masing-masing lebih antusias dan meneriakkan yel-yel untuk mendukung jagoan masing-masing pasangan calon.

KPU Tetapkan 3 Paslon di Pilkada Batubara 2024, Ada Cabup yang Ditahan Polisi

Luluk-Lukman berangkat ke lokasi pengundian dari kantor DPW PKB Jatim di Jalan Gayungsari Surabaya. Luluk dan Lukman sama-sama mengenakan busana putih. Hanya kerudung Luluk yang berwarna ungu. Dia beralasan, warna ungu adalah simbol perjuangan perempuan.

“Ungu karena memang di kertas suara nanti juga akan menggunakan warna ungu. Jadi, ini warna kebajikan. Katanya gitu. Juga warna spiritual,” kata Luluk.

Pramono Anung Harap Nomor Urut di Pilgub Jakarta Nanti Membawa Rezeki

Sementara itu, paslon Khofifah-Emil diantar oleh ratusan pendukung dari partai pengusung dan relawan. Sebelum berangkat, paslon petahana ini memanjatkan doa yang dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Kabupaten Mojokerto, KH Asep Saifuddin Chalim.

Di sisi lain, calon gubernur dari PDIP, Tri Rismaharini atau Risma, menyampaikan bahwa nomor urut berapa pun yang ia peroleh saat pengundian tidak ada masalah. Mantan Menteri Sosial itu mengaku hanya fokus pada program-program yang akan ia jalankan jika ditakdirkan menjadi Gubernur Jatim.

“Tidak ada [harapan dapatkan nomor urut tertentu],” kata Risma.

Pengundian nomor urut calon kepala daerah Kota Malang.

Inilah Daftar Nomor Urut Pasangan Calon di Pilkada Kota Malang

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Malang telah melakukan pengundian nomor urut calon kepala daerah. Pengundian pasangan calon di Pilwali Kota Malang, Senin 23 September

img_title
VIVA.co.id
23 September 2024