TNI Sebut Pembebasan Pilot Susi Air dari KKB Hasil Koordinasi Aparat Keamanan dan Masyarakat

Pilot Susi Air, Philip Mehrtens akhirnya bebas usai tersandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) (sumber: istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Hariyanto mengatakan bahwa pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens merupakan hasil koordinasi yang baik antara aparat TNI, Polri, dan masyarakat.

Meutya Hafid Sebut Pembebasan Pilot Susi Air dari Penyanderaan KKB Hasil dari "Soft Approach"

Hariyanto menyampaikan pernyataan tersebut sekaligus mengonfirmasikan bahwa Pilot Susi Air Philip ​​​​Mark Mehrtens yang disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) selama 1 tahun 7 bulan telah berhasil dibebaskan.

"Kami sangat bersyukur bahwa sandera, Pilot Susi Air, telah berhasil dibebaskan dengan selamat," kata Hariyanto dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 21 September 2024.

DPR Sebut Pembebasan Pilot Susi Air dari Penyanderaan KKB Jadi Catatan Sejarah Dunia

VIVA Militer: Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens bersama aparat TNI-Polri

Photo :
  • Puspen TNI

Hariyanto menjelaskan bahwa aparat keamanan sejak awal berkomitmen untuk memprioritaskan keselamatan Pilot Philip dalam upaya pembebasan dari penyandera.

Jokowi Sebut Pembebasan Pilot Susi Air dari KKB Hasil Kesabaran dan Tanpa Tindakan Represif

Ia juga mengapresiasi dukungan dan kesabaran dari keluarga Pilot Philip selama proses pembebasan berlangsung. "Kami berharap kejadian ini tidak terulang kembali dan semua pihak dapat bekerja sama untuk menciptakan situasi damai di Papua,” ujarnya.

Hariyanto menekankan bahwa TNI akan terus berkomitmen menjaga keamanan di wilayah Papua serta memastikan bahwa tindakan-tindakan yang mengancam keamanan dan stabilitas nasional akan ditangani dengan tegas.

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens telah disandera selama 1 tahun 7 bulan, tepatnya sejak 7 Februari 2023, oleh OPM/KKB pimpinan Egianus Kogoya. (ant)

Presiden Jokowi menekan tombol sirine tanda diresmikannya operasional Bandara Siboru Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure Nabire, Papua Tengah, bertempat di Bandara Siboru Fakfak.

Jokowi Minta Setiap Pembangunan di Papua Harus Dikawal TNI/Polri

Presiden Joko Widodo menekankan dan meminta setiap melakukan kegiatan pembangunan infrastruktur di wilayah Papua harus ada pengawalan dari aparat keamanan.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2024