Pramono Kaget Hasil Survei Capai 28,4%: Saya Kira Maksimal 20%

Bakal cagub-cawagub Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno bertemu dengan Ahok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – Bakal calon gubernur Jakarta, Pramono Anung mengaku kaget karena elektabilitasnya mencapai 28,4 persen berdasarkan hasil survei. Ia mengaku memperkirakan elektabilitasnya hanya maksimal 20 persen.

Pramono Anung Respons Survei 28,4 Persen di Awal Pencalonan: Saya Terkejut

"Saya Alhamdulillah, sangat Alhamdulillah. Karena apa? Semua orang memperkirakan bahwa minggu pertama setelah mendaftar, kami berdua itu maksimum 20 persen, maksimum," kata Pramono kepada wartawan di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis, 19 September 2024.

Pramono pun membandingkan hasil survei elektabilitasnya dengan Jokowi dan Ahok pada Pilkada sebelumnya. Kala itu, kata dia, Jokowi hanya memiliki elektabilitas sebesar 12 persen.

Pramono Anung Berhenti dari Sekretaris Kabinet, Istana: Mungkin Ada Reshuffle

Bakal calon gubernur Jakarta, Pramono Anung

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

"Bahkan pak Ahok sama pak Jokowi ketika maju sebelum 4 persen, ketika diumumkan itu baru 12 persen. Kami sudah 28,4 persen. Saya sendiri terkejut, saya sendiri terkejut tidak menyangka. Karena saya sendiri menyangka paling 20 persen," ujar dia.

PKS Optimis Syaikhu-Ilham Habibie Menang Pilkada Jabar Meski Hasil Surveinya Buncit

Di sisi lain, Pramono mengaku optimis bahwa elektabilitasnya akan terus naik. Pramono menyebutkan, dirinya dan Rano Karno sudah banyak berkeliling turun langsung bertemu dengan warga Jakarta. 

"Sehingga dengan demikian kalo disurvei hari ini, karena surveinya itu kan tanggal 6 September, pasti berbeda. Karena kami sudah turun keliling kemana-mana. Sehingga dengan demikian itu yang menambah semangat bagi saya dan Bang Doel," tutur dia.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait elektabilitas pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta 2024

Dari temuan survei LSI, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) unggul dari dua rivalnya, Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Tingkat keterpilihan RK-Suswono mencapai 51,8 persen.

"Sedangkan, pasangan Pramono Anung dan Rano Karno 28,4 persen. Dharma dan Kun 3,2 persen," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, 18 September 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya