Gus Miftah Bocorkan Rencana yang Disiapkan Jokowi di Masa Transisi Pemerintahan Prabowo

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Sleman, VIVA – Pondok Pesantren Ora Aji asuhan Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah merayakan hari lahir ke 12. Dalam rangkaian perayaan ultah ponpes di Kalasan, Kabupaten Sleman itu dapat kunjungan dari Presiden RI Jokowi, Kamis 19 September 2024.

Pramono Anung Berhenti dari Sekretaris Kabinet, Istana: Mungkin Ada Reshuffle

Jokowi sempat mampir ke Ponpes Ora Aji untuk bertemu dengan Gus Miftah. Pertemuan Jokowi dengan Gus Miftah terjadi selama 30 menit. Obrolan keduanya ini dilakukan secara tertutup.

Gus Miftah mengungkapkan isi obrolannya dengan Jokowi. Salah satu obrolannya ini adalah masa transisi kepemimpinan Jokowi ke Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

Ketemu Jokowi, Gus Miftah Bilang Jokowi Akan Keliling Temui Masyarakat Usai Pensiun jadi Presiden

Penceramah, Gus Miftah

Photo :
  • Istimewa

Dia menyebut Jokowi telah membuat beberapa badan yang bertujuan untuk memuluskan masa transisi tersebut. Menurut dia, cara Jokowi yang membuat badan-badan itu dinilai sebagai bagian dukungan ke pemerintahan Prabowo . 

Jokowi Teken Keppres Pemberhentian Pramono Anung dari Sekretaris Kabinet

"Memang ada beberapa yang disiapkan sama beliau (Jokowi) kayak Badan Komunikasi dan badan-badan (lain). Itu bagian supporting Pak Jokowi terhadap pemerintahan Pak Prabowo," ujar Gus Miftah.

Pun, ia bilang omongan Jokowi juga ingin menyiapkan semuanya sebelum Prabowo memulai tugas sebagai RI-1. 

"Beliau tadi menyampaikan dulu awal menjabat harus grayah-grayah (meraba) dulu. Sekarang kita menginginkan ketika Pak Prabowo bekerja itu semuanya sudah disiapkan dengan baik," kata Gus Miftah.

Gus Miftah menuturkan kebijakan yang dilakukan Jokowi untuk mengawal masa transisi bukanlah bentuk intervensi. Dia menilai hal itu sebagai upaya kolaborasi.

"Tidak ada intervensi. Justru sifatnya kolaborasi. Begitu kira-kira yang disampaikan beliau," kata Gus Miftah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya