Istana Samakan Kaesang Seperti Megawati soal Jet Pribadi, PDIP Bilang Begini

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Said Abdullah
Sumber :
  • Dokumentasi DPR RI

Jakarta, VIVA - Ketua DPP PDIP Said Abdullah merespons santai soal pernyataan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi yang menyamakan penggunaan jet pribadi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri

PDIP Jelaskan Maksud Megawati Lawatan ke Uzbekistan

Said menegaskan, tak ada gunanya menanggapi polemik tersebut.

"Saut bersautan itu yang tidak produktif untuk apa juga," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 19 September 2024.

Petinggi PDIP Klaim "Masyarakat Menunggu" Pertemuan Megawati dengan Prabowo

Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR), Said Abdullah

Photo :
  • DPR RI

Said memberikan catatan bahwa Megawati pernah menggunakan jet pribadi itu karena untuk perjalanan kebangsaan. Sehingga, kata dia, tidak substansi bila dibandingkan dengan peristiwa Kaesang. 

Tepis Bagi-bagi Kekuasaan, PDIP Usul Pertemuan Megawati-Prabowo sebelum Pelantikan Presiden

"Kalau soal jet pribadi kan Kaesang sudah menjelaskan ke KPK, respons istana bahwa Ibu Mega dan sebagainya, ya biasa saja. Itu kan lagi perjalanan kebangsaan, kita kan tidak substansial," kata Said.

Sebelumnya, Hasan Nasbi merespons soal Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep yang menggunakan pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat dan menilai bahwa Kaesang bukan pejabat publik.

Dalam sebuah video podcast yang diunggah di akun instagram @hasan_nasbi dikutip di Jakarta, Rabu, Hasan menegaskan bahwa di tengah banyaknya pejabat publik yang menggunakan pesawat jet, Kaesang menggunakan fasilitas tersebut dengan status bahwa dirinya bukan pejabat publik dan memiliki bisnis sendiri.

"Konteks private jet ini kan yang disorot soal gaya hidup, kemudian dikaitkan bahwa Mas Kaesang adalah anaknya Presiden. Saya ingin ngasih statement, pertama bahwa Mas Kaesang ini bukan pejabat publik dan dia sudah dewasa, dia sudah punya hidup sendiri, sudah punya bisnis sendiri dan dia bukan pejabat publik," kata Hasan dalam potongan video podcast tersebut.

Hasan pada kesempatan itu pun menyinggung Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri yang acap kali menggunakan pesawat jet pribadi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ia menekankan bahwa Kaesang dan Megawati keduanya bukanlah pejabat publik.

Hasan juga menyinggung Mahfud MD yang saat itu masih menjabat sebagai Menkopolhukam dan mengaku lebih sering menggunakan pesawat jet pribadi milik Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya