Sekjen Gerindra Jelaskan Komposisi Zaken Kabinet Prabowo: Profesional Tidak Berarti Non Partai

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menjelaskan komposisi zaken kabinet yang digagas Presiden terpilih Prabowo Subianto

Partai Buruh Pragmatis dengan Dukung Pemerintahan Prabowo, Menurut Profesor Politik

Menurut Muzani, menteri yang berasal dari kalangan profesional bukan berarti mengeliminir kader partai politik (parpol).

"Ya, kan profesional kan tidak harus, tidak berarti nonpartai. Artinya ada orang profesional, orang ahli, tapi dia bagian dari partai," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 17 September 2024.

Di HUT Partai Buruh, Prabowo Subianto Ajak Rapatkan Barisan: Tidak Dipecah Belah Kekuatan Tertentu

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Muzani mengakui jika banyak profesional yang ahli di berbagai bidang, tapi terafiliasi dengan parpol. 

Prabowo: Saya Sudah Lama Berjuang Bersama Kaum Buruh se-Indonesia

"Artinya ada dia memang ahli di bidangnya tapi dia secara politik terafiliasi oleh satu partai politik yang berkoalisi," ujarnya.

Namun, saat ditanya berapa jumlah kabinet di pemerintahan mendatang, ia mengaku belum mengetahui informasi tersebut. Muzani meminta publik untuk menunggu pengumuman resmi dari Prabowo.

“Tidak tahu, saya terus terang tidak tahu. Coba aja nanti dilihat tunggu dari pengumuman yang dilakukan oleh beliau setelah dilantik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut kader parpol juga banyak diisi oleh kalangan profesional. Karena itu, rencana pembentukan zaken kabinet oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto, tak boleh mengeliminir peran parpol.

"Menghadirkan zaken kabinet bukan berarti mengeliminir atau meminimalisir representasi partai. Karena sejatinya antara profesional dan partai tak saling trade off, malah share growth," kata Kamhar kepada wartawan, Minggu kemarin.

Kamhar menekankan, figur profesional dari kader parpol juga memiliki integritas dan keahlian yang tak perlu diragukan. Pasalnya, nantinya parpol bakal menyodorkan kader terbaiknya untuk duduk sebagai pembantu presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya