Rano Karno Bakal Kasih Beasiswa Bagi Peserta Didik Kurang Mampu

Bakal calon wakil gubernur Jakarta, Rano Karno Silaturahmi dengan Alumni SMAN 3 Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Bakal calon Wakil Gubernur Jakarta, Rano Karno atau akrab disapa 'Bang Doel' mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mulai menggratiskan biaya pendidikan di sekolah swasta bagi peserta didik yang kurang mampu.

Dinyatakan Lulus, Atta Halilintar Bersyukur Punya Ijazah SMA di Usia 29 Tahun

Menurutnya, banyak peserta didik yang kurang mampu di Jakarta menginginkan masuk ke sekolah negeri karena biaya yang murah ketimbang di sekolah swasta. Sehingga, kata dia, ini menjadi poin yang akan dibereskan bila dirinya terpilih memimpin Jakarta. 

"Kayak kemarin kita masalah tentang PBDB, karena jumlah siswa dari SD ke SMP tidak bisa memenuhi kapasitas dari tempatnya. Nah, mereka pasti mau ke negeri, karena kan gratis ataupun murah, kalau swasta mahal. Di sinilah peran Pemda, sebetulnya bisa memberikan beasiswa bagi anak-anak negeri yang sekolah di swasta," kata Rano usai menerima kunjungan dari Alumni SMA 3 Jakarta di Warung Garasi Si Doel, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Selasa, 17 September 2024.

Pramono Anung-Rano Karno Bakal Temui Ahok Lalu SBY Besok

Bakal calon wakil gubernur Jakarta, Rano Karno Silaturahmi dengan Alumni SMAN 3 Jakarta

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Mantan Gubernur Banten ini mengungkapkan ada beberapa Pemerintah Kota yang telah menerapkan beasiswa kepada peserta didik sekolah swasta, seperti di wilayah Tangerang dan Tangerang Selatan.

Partai Besutan Amien Rais Partai Ummat Dukung Pramono-Rano di Pilgub Jakarta

"Itu sistemnya sudah dilakukan oleh beberapa Kabupaten Kota di sekitar itu biasa, tergantung APBD-nya gede enggak. Nah, kalau di Jakarta kan lebih dari cukup gitu," jelasnya. 

Maka dari itu, ia mengapresiasi langkah silaturahmi beberapa alumni sekolah di Jakarta yang menyoroti soal pendidikan. Mengingat, DKI Jakarta mempunyai sumber tenaga pendidik yang banyak. 

"Mau ke mana sih pendidikan di Jakarta ini, makanya tadi saya coba presentasi. Jadi pendidikan di Jakarta harusnya lebih bisa maksimal, karena kan kita punya fasilitas, infrastruktur kita jauh lebih siap daripada yang lain," pungkasnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) bersama Presiden Partai Buruh Said Iqbal (ketiga kiri) seusai silaturahmi di Kantor Pusat Pemenangan Partai Buruh di Jakarta, Minggu, 25 Agustus 2024.

Anies Punya Pengaruh Besar dalam Kontestasi Pilgub Jakarta, Menurut Survei LSI

Pilgub Jakarta tidak diikuti Anies Baswedan karena tidak ada partai yang mencalonkannya. Anies salah satu calon yang kompetitif dan berpeluang menang bila dicalonkan.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024