PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Mukatamar PKB di Bali
Sumber :
  • Antara

Jakarta, VIVA -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyerahkan penuh kepada Prabowo Subianto selaku Presiden terpilih terkait komposisi kabinet dan jumlahnya. 

Kabinet Gemuk Prabowo Akan Lebih Efektif sebab Fokus Kementerian Tersentral, Menurut Gerindra

“Tentu pada dasarnya menteri itu prerogatif Presiden,” kata Cak Imin kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu, 14 September 2024.

Atas dasar itu, Cak Imin menilai bahwa dengan adanya UU Kementerian Negara diharapkan tidak membatasi hak prerogatif dari Presiden itu sendiri. Sebab, dalam UU Kementerian Negara itu jumlah kementerian diserahkan sepenuhnya kepada Presiden terpilih. 

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo-Gibran Bakal Jadikan UMKM Penggerak Ekonomi Nasional

Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

“Jangan sampai UU yang dibuat itu membuat hak prerogatif presiden itu menjadi terbatasi, itu prinsipnya, presiden punya kewenangan prerogatif sekaligus pertanggungjawaban mungkin UU-nya di situ,” ujarnya.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Rangkul Semua Parpol "supaya Pemerintahannya Lebih Tenang"

Kendati begitu, Cak Imin menyambut baik dengan adanya UU Kementerian Negara yang mengubah dan mungkin menambah jumlah pos kementerian di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. 

“Presiden bebas karena prerogatifnya, tapi presiden harus bertanggung jawab atas pilihan-pilihan baik itu nomenklatur maupun orang-orang yang mengisinya,” kata Wakil Ketua DPR RI dari fraksi PKB ini.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal, Demo Buruh Mahkamah Konstitusi, MK

Prabowo Dijadwalkan Pidato Kebangsaan di Acara Ultah 3 Tahun Partai Buruh

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengaku bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto, bakal ikut hadir pada acara 3 tahun berdirinya Partai Buruh di Istora Senayan, hari ini

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024