KPU Nyatakan Tiga Paslon di Pilgub Jakarta Sudah Penuhi Syarat, Suswono Ungkap Hal Ini

Bakal cawagub Jakarta, Suswono (tengah) di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu, 8 September 2024 (sumber: Tim Media Suswono)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Bakal calon wakil gubernur Jakarta, Suswono buka suara setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jakarta menyatakan tiga pasangan calon (paslon) di Pilgub Jakarta sudah memenuhi syaratnya semua.

PPP Minta Kader Menangkan Calon Kepala Daerah di Jatim, Termasuk Khofifah-Emil Dardak

"Ya alhamdulillah ya, kalau memang sudah ada tiga pasang kan berarti cukup bagus lah," ujar Suswono kepada wartawan di Jakarta Selatan, Jumat, 13 September 2024.

Suswono menyebutkan, setelah ini ada tiga pilihan di Pilgub Jakarta untuk masyarakat. Tinggal nantinya bagaimana masing-masing pasangan menyampaikan visi-misinya untuk Jakarta lima tahun ke depan.

Bertemu dengan Ormas dan Tokoh Betawi di Jaksel, Suswono Janji Bangun Tempat Ibadah

"Tinggal nanti ada adu gagasan yang saya kira bisa dinilai oleh masyarakat Jakarta. Yang penting jadikanlah Pilkada ini suasana gembira," kata Suswono.

KPU DKI Jakarta

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Didukung Komunitas Otomotif, Airin Ajak Sinergi Promosikan Wisata Banten

Dia mengaku senang setelah KPU Jakarta menyatakan tiga paslon berhasil memenuhi syarat untuk maju di Pilgub Jakarta. "Jadi saya sangat senang baru mendengar bahwa sudah lolos. Berarti semuanya sehat, berarti lulus tes kesehatan kan," ujarnya.

Ia mengaku kini sudah tak ingin pesta demokrasi disusupi oleh perpecahan. Sebab, dia kasihan melihat masyarakat Jakarta jika harus terjadi konflik di tengah Pilkada 2024. "Jangan lagi ada pembelahan, sayang rakyat Jakarta itu dibelah-belah dengan berbagai isu-isu yang nggak produktif," kata Suswono.

"Tapi justru kita ke depan gimana membangun Jakarta baru agar terwujud Jakarta Maju yang lebih baik lagi," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jakarta menyatakan ketiga pasangan bakal calon gubernur (bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Jakarta telah memenuhi syarat administrasi. 

Adapun ketiga pasangan tersebut ialah Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

"Jadi baru saja kami melakukan penyampaian hasil penelitian perbaikan administrasi yang telah disampaikan ketiga pasangan calon, dan dari ketiga hasil tersebut yang sudah kami sampaikan kepada para perwakilan dari tim pasangan calon ini ketiga paslon dinyatakan seluruhnya memenuhi syarat," kata Anggota KPU Jakarta Astri Megatari di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2024.

Astri menambahkan bahwa tahapan selanjutnya adalah tanggapan dari masyarakat. Tahapan itu akan dilakukan pada 15 sampai 18 September 2024.

"Nah setelah ini, masih ada tahapan selanjutnya, yaitu tahapan tanggapan masyarakat. Pada tanggal 15-18 September nanti dari hasil yang sudah kami sampaikan ini bagi masyarakat yang ingin menyampaikan tanggapannya bisa terkait dengan status," katanya.

Astri menyampaikan, setelah tanggapan masyarakat, pihaknya akan melakukan klarifikasi. Ia menyebutkan, proses klarifikasi itu akan dilakukan sampai 21 September 2024.

Setelah itu, kata Astri pada 22 September 2024, KPU Jakarta akan melakukan penetapan pasangan calon. Lalu, pada 23 September 2024, akan dilakukan pengundian nomor urut pasangan calon.  "Di tanggal 22 Septembernya kami akan melakukan penetapan pasangan calon," tutur Astri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya