Polisi Netral, Tak Bantu Anak Irjen Karyoto Maju Calon Wakil Bupati Garut 2024

Kapolres Garut, AKBP Muhammad Fajar Gemilang (kiri)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat (Garut)

Garut, VIVA – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut Jawa Barat untuk periode 2024-2029 segera berlangsung, pada 27 November 2024 mendatang. Polres Garut selain telah mempersiapkan pola pengamanan selama proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, juga akan tetap menjaga netralitas. 

Suswono Respons Gerakan 'Anak Abah': Salah Besar Kalau PKS Dikatakan Meninggalkan Anies

Kapolres Garut, AKBP Muhammad Fajar Gemilang menegaskan bahwa jajaran Kepolisian Polres Garut akan bersikap netral dan profesional dalam melaksanakan tugasnya. Dari empat bakal calon kepala daerah, tidak ada satu pun yang merupakan anggota kepolisian.

"Polri netral, profesional, calon Bupati atau Wakil Garut tidak ada anggota Polri," ujarnya pada Rabu, 11 September 2024.

KPU Umumkan Penerimaan Masukan dan Tanggapan Masyarakat Terhadap Cagub-Cawagub Jakarta 2024

Kapolres Garut, AKBP Muhammad Fajar Gemilang (kiri)

Photo :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat (Garut)

Sementara itu, perlu diketahui bahwa pilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut tahun 2024 ini hanya diikuti oleh dua pasangan bakal calon. Kedua pasangan telah lolos menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Garut, tinggal menunggu penetapan dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Garut, 22 September 2024 yang dilanjutkan dengan pengundian nomor pasangan pada 23 September 2024. 

Debat Calon di Pilkada Bintan Kepri Ditiadakan, Ini Penggantinya

Bakal calon Bupati Garut pertama adalah Helmi Budiman yang diusung PKS, Helmi berlatar belakang seorang dokter yang sudah terbiasa bertugas di pelosok Kabupaten Garut. Helmi juga tercatat sebagai mantan Wakil Bupati Garut selama dua periode mendampingi Rudi Gunawan sebagai Bupatinya. 

Sementara calon Wakil Bupati yang mendampingi Helmi adalah Yudi Nugraha Lasminingrat yang diusung PPP, dia seorang montir yang sukses menjadi pengusaha muda asli Garut. Untuk maju di Pilkada Garut 2024, selain diusung PKS dan PPP Helmi dan Yudi juga mendapat dukungan dari PSI dan Perindo. 

Adapun, bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Garut kedua Pasangan Abdusy Syakur Amin dan Luthfianisa Putri Karlina. Abdusy Syakur yang diusung Partai Golkar adalah akademisi yang saat ini menjabat Rektor Universitas Garut, sementara calon wakilnya Luthfianisa Putri Karlina atau Putri  adalah seorang dokter gigi. 

Putri juga dikenal sebagai pengusaha muda yang menekuni usaha kuliner, dan merupakan anak dari Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. Putri diusung 11 partai di antaranya Partai NasDem, PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Demokrat, PAN, Partai Ummat, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB dan Partai Hanura.

Ridwan Kamil-Suswono Daftar Cagub Wagub di KPU DKI Jakarta

Suswono Klaim Siap Lanjutkan Program Anies di Jakarta: Karena PKS Ikut Waktu Menyusun

Suswono bilang jangan khawatir program Anies Baswedan yang bagus tak dilanjutkan. Dia bersama RK siap melanjutkan.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2024