Irjen Iqbal Kumpulkan 3 Bakal Paslon Pilgub Riau, Tujuannya Patut Dicontoh

Tiga bakal paslon di Pilgub Riau 2024 bertemu di Mapolda Riau.
Sumber :
  • Dok Polda Riau

Pekanbaru, VIVA – Kapolda Riau Irjen Pol. Mohammad Iqbal mengumpulkan tiga bakal pasangan calon gubernur Riau dan wakil Gubernur di Mapolda Riau, Selasa 10 September 2024. Pertemuan ini merupakan bagian dari upaya membangun silaturahmi guna mewujudkan Pilkada damai di Provinsi Riau.

Pramono Anung Bakal Temui Ahok, Anies hingga Jokowi

Ketiga pasangan calon, yakni Abdul Wahid-SF Hariyanto, Syamsuar-Mawardi dan M Nasir-M Wardan, tiba di Mapolda Riau sekitar pukul 9.00 WIB. Mereka kemudian diantar menggunakan mobil golf dari gerbang masuk menuju lokasi acara. Sebagai bentuk penghormatan, posisi duduk ketiga pasangan ini diatur secara acak.

Syamsuar (mantan Gubernur Riau) bersebelahan dengan SF Hariyanto (mantan PJ Gubernur Riau), Abdul Wahid (mantan anggota DPR RI) dengan Muhammad Nasir dan M Wardan (mantan anggota DPR RI) dengan Mawardi.

Bawaslu Ultimatum Para Calon Peserta Pilkada Tahan Diri Tak Manfaatkan CFD

Tiga bakal paslon di Pilgub Riau 2024 deklarasi pemilu damai

Photo :
  • Dok Polda Riau

Suasana hangat menyelimuti pertemuan ketiga pasangan calon. Mereka bercanda tawa sepanjang acara. Kapolda Riau Irjen Pol. Mohammad Iqbal, langsung menyambut kedatangan mereka di Gedung Mapolda.

Struktur Timses RK-Suswono Akan Diumumkan Pekan Depan, Bakal Diisi 70 Persen Anak Muda

Selain ketiga pasangan calon, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Ketua DPRD Riau sementara Makmun Solikihin, Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Kajati Riau Akmal Abas, Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, Ketua LAM Riau Datuk Seri Raja Marjohan, serta beberapa pejabat lainnya.

Kegiatan dilanjutkan ke lantai 5 Gedung Mapolda Riau. Di sini, sebuah pengaturan menarik dilakukan di mana para pasangan calon kembali ditempatkan secara acak berpasangan dengan pasangan calon lainnya. Selain pasangan calon, acara ini juga dihadiri Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat.

Kapolda Riau Irjen Iqbal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja digelar untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan Pilkada tidak harus diwarnai oleh perselisihan dan ketegangan.

Beliau menegaskan bahwa Pilkada merupakan pesta demokrasi yang semestinya dijalani dengan penuh suka cita dan keakraban, sebagai mana layaknya sebuah pesta.

"Saya berharap tidak ada permusuhan atau konflik yang terjadi. Mari kita sama-sama menjadikan Pilkada ini sebagai pesta demokrasi yang penuh kegembiraan," ajak Iqbal.

Sebagai leading sector pengamanan, Iqbal secara konsisten berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Provinsi Riau, khususnya menjelang Pilkada serentak. 

"Melalui kegiatan silaturahmi ini, diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai, dan sejuk," kata Iqbal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya