Sah, Gus Ipul jadi Mensos Gantikan Risma

Presiden Jokowi lantik Saifullah Yusuf alias Gus Ipul jadi Menteri Sosial RI.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Jakarta, VIVA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai Menteri Sosial atau Mensos di Istana Negara, Rabu, 11 September 2024. Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharani alias Risma yang mengundurkan diri karena maju sebagai bakal cagub dalam kontestasi Pilgub Jatim 2024.

PKB: Kita Tunggu Saja Kinerja 39 Hari Gus Ipul

Pelantikan Gus Ipul digelar di Istana Negara Jakarta sekitar pukul 09.05 WIB. Pelantikan eks Wakil Gubernur Jawa Timur itu sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 102B 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD negara RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian Gus Ipul saat mengucap sumpah yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

Respons Gus Ipul soal Lanjut Jadi Mensos di Kabinet Prabowo-Gibran

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghiimbau Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk kembali ke jalan yang benar hang sesuai dengan NU

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Gus Ipul dalam sumpahnya juga berjanji akan menjalankan tugas jabatan dan menjunjung tinggi etika jabatan. Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (BPNU) itu juga siap bekerja dengan sebaiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Resmi Dilantik jadi Mensos, Gus Ipul Punya Harta Kekayaan Rp 24 Miliar

Gus Ipul merupakan politikus yang saat ini jabat sebagai Wali Kota Pasuruan. Rekam jejaknya juga pernah Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) di periode pertama pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia pernah mengemban jabatan sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2009-2019.

Gus Ipul merupakan keponakan dari Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Dia tercatat pernah menjabat anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) pada 1999, sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001.

Selain Mensos, ada dua pejabat lain yang juga dilantik Presiden Jokowi hari ini.  Mereka adalah Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). (Ant)


 

Presiden Jokowi (Dok. Istimewa)

Jokowi Ungkap Alasan Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Meski Masa Pemerintahannya Tinggal 1,5 Bulan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pelantikan Menteri Sosial definitif sangat penting meskipun masa pemerintahan tersisa kurang dari dua bulan.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024