Dampingi Blusukan, Gibran Endorse Pasangan Respati-Astrid di Pilkada Solo?

Gibran dampingi blusukan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo, Respati Ardi-Astrid Widayani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Wakil Presiden (Wapres) RI terpilih Gibran Rakabuming Raka melakukan blusukan di Kota Solo pada Selasa, 10 September 2024. Mantan Wali Kota Solo itu blusukan untuk mendampingi pasangan bakal calon wakil kota dan wakil wali kota Solo yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Respati Ardi-Astrid Widayani.

Bocoran RK soal Timsesnya: Diisi Ahli, Profesor, Anak Muda yang Enggak Berpartai

Gibran tampak mendampingi pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Respati Ardi-Astrid Widayani untuk blusukan di sejumlah kampung di Kota Solo. Agenda pertama blusukan dilakukan di Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo. Kedatangan putra sulung Presiden Jokowi itu tampak disambut meriah warga yang menunggunya.

Titik blusukan kedua setelah Kelurahan Sondakan, yakni di Kampung Bratan, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo. Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Respati Ardi-Astrid Widayani tidak hanya didampingi wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka tetapi juga Pengageng Praja Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X atau yang akrab disapa Gusti Bhre.

Survei: Pemilih Segmen Lintas Agama Solid Pilih Amsakar-Li Claudia di Pilwalkot Batam 2024

Gibran Rakabuming Raka usai hadiri rapat paripurna di gedung DPRD Solo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Gusti Bhre awalnya merupakan nama bakal calon wali kota yang diusung KIM Plus. Tetapi mendekati detik-detik penutupan pendaftaran Pilkada Solo di KPU Solo, Penguasa Pura Mangkunegaran itu memutuskan untuk mundur dari pencalonannya. Sedangkan penggantinya adalah Respati Ardi yang juga Ketua Hipmi Solo.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Selain mendampingi pasangan Respati-Astrid, kedatangan Gibran diduga juga untuk membantu mensosialisasikan pasangan tersebut kepada warga Solo. Bahkan sejumlah relawan yang mendampingi blusukan itu juga memperkenalkan kepada warga bahwa Respati-Astrid merupakan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota penerus Gibran.

Selama blusukan mendampingi pasangan tersebut, Gibran juga tampak ikut menyapa warga  yang menantinya di depan rumahnya. Saat ditanya wartawan, Gibrab mengaku hanya ikut serta kegiatan karena sedang pulang ke Solo pada Selasa, 10 Septrember 2024. Selain itu kedatangannya ke Solo juga untuk ikut melihat kondisi masyarakat yang ada di Kampung Mutihan. 

“Mampir (Solo) aja kebetulan balik Solo. Kebetulan di sini ada salah satu lokasi yang saya ingat banget, ada warung yang dirusak ormas. Tapi warungnya sudah normal, sudah kembali baik. Ini jadi atensi khusus lah agar warga juga tidak trauma,” katanya.

Sedangkan ketika disinggung mengenai pasangan Respati-Astrid, mantan Wali Kota Solo itu melihat bahwa sosok Respati dan Astrid merupakan figur anak muda yang memiliki pengalaman. Meski demikian yang terpenting adalah pasangan tersebut harus mau turun lapangan dan menyapa masyarakat.

“Mas Respati dan Mbak Astrid dua-duanya anak muda dan punya pengalaman organisasi. Dan yang paling penting punya keingninan untuk turun langsung menyerap aspirasi warga,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya