Viral Video Tolak Ridwan Kamil di Jakarta Timur, Jubir Bilang Begini

Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Juru bicara pasangan bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Calon Wakil Gubernur Suswono, yaitu Muhammad Kholid mengaku tak mempersoalkan terkait beredarnya video penolakan kehadiran Ridwan Kamil di Jatinegara, Jakarta Timur. 

Jika jadi Gubernur Jakarta, RK Janji Perpanjang Rute Transjakarta ke Bekasi hingga Bogor

Menurut Kholid hal itu hanya sebuah ekspresi sebagian warga yang belum mengenal Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil secara langsung.

"Hal yang sangat biasa sekali saya kira. Jadi, ekspresi yang namanya ketidaksukaan atau ekspresi penerimaan dalam satu sisi yang lain itu hal yang biasa. Misal ada peristiwa seperti itu, saya pikir tak mencerminkan situasi secara keseluruhan," kata Kholid dalam keterangannya, dikutip Selasa, 10 September 2024.

Kunjungan ke Bamus Betawi Diwarnai Keributan, RK: Ujungnya Salaman, Mendukung Juga

Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Kholid mengatakan dalam kontestasi Pilkada saat ini ekspresi ketidaksukaan banyak juga terjadi di tempat lain, bukan hanya di Jakarta. 

Pesan Sutiyoso untuk Ridwan Kamil-Suswono: Masalah Klasik di Jakarta Belum Terselesaikan

"Jadi, saya pikir ini adalah dinamika yang terjadi di masyarakat. Sebuah ekspresi yang berasal dari masyarakat ya harus kita hrormati. Kan kita negara demokrasi. Jadi kita harus menghormati itu," ujar dia.

Munculnya ekspresi penolakan, kata Kholid, terjadi karena masih ada dari warga Jakarta yang belum mengenal sosok Kang Emil secara langsung. Padahal, menurut dia Kang Emil merupakan pribadi yang sopan, merakyat, dan punya pengalaman serta kompetensi dalam membangun Jakarta menjadi lebih maju.

"Jadi kalau saya lihat sih, mungkin karena belum ketemu secara personal saja dengan kang Emil ya. Kalau sudah bertemu langsung personal dengan Kang Emil dan Suswono akan lebih mudah dan akan menerimanya ya," ujar dia. 

Sebagai informasi, saat sowan ke Bamus Betawi di Jatinegara, Jakarta Timur pada Jumat, 6 September 2024, Ridwan Kamil disambut dengan meriah oleh warga Jakarta. Bahkan, kedatangannya disambut dengan pertunjukan marawis dan pencak silat khas Betawi.

Sebagai bentuk apresiasi, Kang Emil membalas sambutan tersebut dengan menyampaikan pantun yang menjelaskan maksud dan kunjungannya. “Dari Kwitang pergi ke Cikini, dari Bekasi pergi ke Ciawi. Saya datang ke sini untuk diskusi dengan masyarakat Betawi,” ucap Kang Emil.

Diketahui, dalam kontestasi di Pilkada Jakarta 2024, Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur Suswono. 

Pasangan yang diusung oleh KIM Plus ini telah mendaftarkan diri pada Rabu, 28 Agustus 2024. Pasangan yang dikenal dengan sebutan RIDO ini mengusung visi-misi untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global tanpa meninggalkan identitas, nilai-nilai budaya, dan tradisi yang telah tertanam di masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya