Jika Terpilih, Pramono Anung Bakal Pekerjakan Pasukan Oranye Mirip di Zaman Ahok

Bakal calon gubernur Jakarta, Pramono Anung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Bakal calon Gubernur Jakarta, Pramono Anung mengatakan, jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Jakarta maka dirinya akan mengembalikan kinerja pasukan oranye atau Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Tugas mereka akan dikembalikan kerjanya seperti zaman Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jakarta Masih Kalut Masalah Sampah, Cagub-Cawagub Diminta Pakai Solusi Ini

"Sekarang ini ada perubahan. Pasokan oranye (PPSU) yang bersih-bersih, yang selama ini jadi andalannya Pak Ahok kita akan hidupkan kembali," ujar Pramono Anung kepada wartawan, Senin 9 September 2024.

Giring Nidji jadi pasukan oranye.

Photo :
  • Facebook Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta
Airin Gagas Program Banten Cerdas, Lebih dari Sekolah Gratis

Diketahui, kehadiran PPSU memang membantu menjaga kebersihan Jakarta. Mulai tahun 2015, PPSU bekerja di tiap kelurahan dengan 3 shift selama 24 jam. 

Setiap kelurahan biasanya bisa memiliki 40 sampai 79 petugas PPSU. Pekerjaan mereka terbagi ke dalam beberapa unit seperti bagian menyapu, membersihkan selokan di pemukiman warga, bahkan kerap membantu warga ketika banjir. 

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Masa itu, gaji PPSU juga terjamin. Mereka bisa tinggal di rusun dan gratis naik TransJakarta. 

Lantas, Pramono Anung ingin kembali menggaet petugas oranye untuk memajukan Jakarta. Salah satunya, ia ingin mengubah persyaratan menjadi PPSU. 

"Kalo perlu SD saja cukup, yang penting bisa bekerja," ucap dia.

Pramono menambahkan bahwa dirinya juga ingin mengubah terkait status kontrak PPSU. Jika sebelumnya PPSU di kontrak hanya satu tahun, ia ingin mengubahnya menjadi tiga tahun. 

"Kalau memang itu hanya aturan gubernur, akan sangat gampang diubah dari satu tahun menjadi 3 tahun. Itu kalau peraturan gubernur, maka saya akan mengubah ini jika jadi gubernur," kata Pramono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya