SBY: Kacau Sebuah Negara-Parpol Jika Mataharinya Banyak

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin, 9 September 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan negara akan kacau jika ada lebih dari satu matahari di dalamnya. Sama halnya dengan partai politik (parpol) jika ada banyak matahari di dalamnya maka akan menjadi kacau.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Hal itu dikatakan SBY dalam acara Syukuran HUT Partai Demokrat ke-23 di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024. 

Awalnya, SBY mengungkit satu falsafah terkait tata surya dan apa yang ada di alam semesta. Kata dia, di alam ini hanya ada satu matahari. Termasuk dengan Partai Demokrat, hanya ada satu matahari di dalamnya yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Riza Patria Hampir Dipastikan jadi Ketua Timses RK-Suswono di Pilgub Jakarta

Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Di alam ini hanya ada satu matahari, tidak ada lagi. Sama dengan Partai Demokrat yang kita cintai, hanya ada satu matahari, yaitu ketua umum kita," ucap SBY dalam sambutannya. 

Rachland Demokrat Bilang Banyak Parpol Tak Percaya Anies, Begini Respons PKB

Dia pun menyebut, sebuah negara hingga partai politik (parpol) akan kacau jika terdapat lebih dari satu matahari di dalamnya.

"Akan kacau dalam sebuah negara, ini termasuk partai politik kalau mataharinya banyak. Bisa dibayangkan, makin panas karena matahari satu sudah panas, lalu ada dua, ada tiga bagaimana," tutur dia.

Di sisi lain, SBY berpesan kepada kader Demokrat di bawah kepemimpinan AHY agar terus menegakkan nilai-nilai fundamental. SBY juga berpesan agar para kader hormat dan berpegang teguh pada konstitusi.

"Saya titip, di tengah-tengah pragmatisme, di tengah-tengah kelenturan dlm berpolitik, jangan abaikan nilai-nilai yang fundamental. Hormati pegang teguh konstitusi. Tegakkan nilai-nilai demokrasi. Tegakkan keadilan bagi semua," ucapnya.

"Tingkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat kita. Dan tugas-tugas lain yang merupakan DNA Demokrat, yang merupakan nilai-nilai yang kita anut sejak partai demokrat berdiri. Insyaallah bisa," pungkas SBY.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya