Kelakar Suswono soal Dukungan ke Persija: Gambar PKS Saja Berubah Jadi Oranye Kan

Bakal cawagub Jakarta, Suswono (tengah) di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu, 8 September 2024 (sumber: Tim Media Suswono)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Bakal calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta, Suswono mengklaim dirinya telah mendukung sepenuhnya klub sepak bola Jakarta, Persija. Bahkan, Suswono mengaku menjadi bagian dari The Jakmania.

Ridwan Kamil Klaim Didukung Partai Ummat Besutan Amien Rais

Dia bahkan berkelakar, dukungan terhadap Persija dan The Jakmania terlihat melalui warna khas partainya yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berwarna oranye.

"Saya kan termasuk yang sudah pendukung Jakmania. Toh gambar PKS berubah jadi oranye kan," kata Suswono kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Minggu, 8 September 2024. 

Pramono Anung Bakal Temui Ahok, Anies hingga Jokowi

Bakal cawagub Jakarta, Suswono (tengah) di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu, 8 September 2024 (sumber: Tim Media Suswono)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Suswono kemudian menegaskan bahwa eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) akan sepenuhnya mendukung Persija dan The Jakmania jika terpilih sebagai gubernur Jakarta. Dia memastikan Persija akan menjadi juara. 

Struktur Timses RK-Suswono Akan Diumumkan Pekan Depan, Bakal Diisi 70 Persen Anak Muda

"Ya jadi Pak RK sudah menyampaikan ketika beliau ditugaskan di Jakarta enggak perlu diragukan lagi, dia pasti all out membela Persija dan akan jadi juara ya," tuturnya.

Untuk diketahui, pasangan Ridwan Kamil (RK) dan Suswono yang maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024 mendapatkan penolakan dari The Jakmania. 

Diketahui, RK sebelumnya dikenal luas sebagai salah satu tokoh yang kerap menunjukkan dukungannya kepada Persib Bandung, terlebih saat dirinya masih menjadi Walikota Bandung dan Gubernur Jawa Barat.

Penolakan pencalonan Ridwan Kamil semakin menguat setelah beberapa anggota komunitas suporter tersebut membuat poster yang bertuliskan, "Emang Lu Rela Jakarta Dipimpin Bobotoh?". Selain itu, mereka juga membuat poster lain yang bertulis “Jakarta Boikot Ridwan Kamil”.

Poster tersebut kemudian disebarkan di area Jakarta International Stadium (JIS) yang mana menjadi simbol ketidaksetujuan mereka terhadap kemungkinan Ridwan Kamil memimpin kota metropolitan ini, yang selama ini menjadi markas besar Persija Jakarta.

Bagi The Jakmania, mendukung seorang kandidat gubernur yang selama ini terlihat sebagai bagian dari komunitas Bobotoh adalah sesuatu yang sulit diterima. Sentimen ini pun tampaknya menyebar luas di kalangan The Jakmania.

Meskipun Ridwan Kamil memiliki popularitas yang cukup baik selama menjabat sebagai pejabat negara, bagi The Jakmania, loyalitasnya kepada Persib Bandung menjadi faktor yang sulit diabaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya