Ulama dan Tokoh Agama Dukung Andika di Pilbup Serang dan Airin di Pilgub Banten

Ulama dan tokoh agama di Banten dukung Airin dan Andika di Pilkada Banten 2024
Sumber :
  • Istimewa

Serang, VIVA – Para ulama dan tokoh agama mendeklarasikan dukungan kepada pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Serang Andika Hazrumy-Nanang Supriatna. Dukungan yang sama juga dideklarasikan mereka untuk pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.

Khofifah Dinilai Banyak Berikan Kemajuan Bagi Jatim, Termasuk Pengembangan Ponpes

Pembacaan deklarasi dan dukungan disampaikan Pengasuh Pesantren Jamiatul Ikhwan KH Tb Khudori Yusuf di Kota Serang, Minggu 8 September 2024.

"Ulama harus hadir membersamai pemerintah. Agar pembangunan daerah sesuai dengan kaidah keagamaan," kata Khudori.

PPP Minta Kader Menangkan Calon Kepala Daerah di Jatim, Termasuk Khofifah-Emil Dardak

Ulama dan tokoh agama di Banten dukung Airin dan Andika di Pilkada Banten 2024

Photo :
  • Istimewa

Menurutnya, para ulama dan tokoh agama perlu menyatakan dukungan karena melihat suasana politik kebangsaan di daerah dan Indonesia secara umum. “Kami ingin, politik tidak sekadar meraih posisi kekuasaan, tetapi juga menghantarkan pemimpin yang terbukti, berpengalaman, dan dekat dengan para ulama. Selain itu, punya konsep pengembangan pendidikan agama,” ujarnya. 

Didukung Komunitas Otomotif, Airin Ajak Sinergi Promosikan Wisata Banten

Sejumlah ulama dan tokoh agama yang hadir antara lain, KH Sakidi, KH Fachrurodji, KH Fauzi Amruri, Ustad Sakidi, ustad Sukri, ustad Amimudin, dan tokoh agama lainnya. Khudori menilai, fenomema politik di pilkada serentak mendorong para ulama dan organisasi keagamaan untuk turun tangan. 

“Kita harus bersama meyakinkan masyarakat untuk bisa memilih pemimpin yang sejalan dengan cita-cita pendiri Bangsa, dan menjadikan ulama sebagai penasihat pembangunan daerah. Punya konsep kolaborasi ulama dan umaro dalam pemberdayaan masyarakat,” ujarnya. 

Menurutnya, pasangan Andika-Nanang di Pilkada Kabupaten Serang merupakan refresentasi keberlanjutan kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Ia menilai, Ratu Tatu banyak memberikan perhatian terhadap pendidikan pesantren dan dekat dengan para ulama. 

“Sementara calon gubernur Banten, Ibu Airin punya latarbelakang kepemimpinan yang telah memberikan kemajuan. Di bawah kepemimpinannya, Tangsel pernah menjuarai MTQ provinsi tujuh kali berturut-turut. Beliau juga dekat dengan para ulama. Ibu Airin didampingi Pak Ade Sumardi, mantan wakil bupati Lebak yang paham masalah di daerah,” ujarnya. 

Andika menyampaikan terima kasih atas dukungan para ulama beserta tokoh keagamaan yang lain. Ia terus berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan Kabupaten Serang bersama para ulama. Selain itu, kata dia, pemerintah daerah harus selalu melibatkan dan dekat dengan para ulama. 

"Semoga cita-cita Kabupaten Serang dan Provinsi Banten maju bersama dan sejahtera dapat terwujud dengan sinergi ulama dan umaro atau pemerintah. Kita tidak boleh membuat sekat dan harus semakin dekat, melibatkan seluruh organisasi keagamaan dalam pembangunan daerah. Ke depan, pembangunan dan kemajuan daerah membutuhkan kebersamaan," kata Andika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya