Jokowi Tunjuk Muhadjir Jadi Plt Mensos Setelah Risma Mundur

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.
Sumber :
  • ANTARA/Yashinta Difa Pramudyani/am.

Jakarta, VIVA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebagai Plt Menteri Sosial (Mensos). Muhadjir mengerjakan sementara tugas-tugas yang ditanggalkan Tri Rismaharini atau Risma yang mengundurkan diri karena maju di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024. 

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Penunjukan Muhadjir sebagai Plt Mensos itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 100/P Tahun 2024 yang diterbitkan untuk menindaklanjuti pengunduran diri Risma. Dalam keppres tersebut, Muhadjir akan menjabat sebagai Plt mensos hingga adanya mensos definitif. 

"Presiden menunjuk Bapak Muhajir Effendy, menko PMK, sebagai pelaksana tugas, wewenang dan tanggung jawab mensos sampai diangkatnya mensos definitif," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat, 6 September 2024. 

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Menteri Sosial, Tri Rismaharini di Kantor Kemensos RI, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Mei 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Ari menambahkan, Risma mengundurkan diri sebagai mensos karena maju sebagai cagub di Pilkada Jatim 2024. Jokowi telah menyetujui pengunduran diri Risma tersebut. 

Jokowi Aims for Balikpapan-IKN Toll Road Completion by Mid-2025

"Pada hari ini, tanggal 6 September 2024 telah diterbitkan Keppres Nomor 100/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat, Ibu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut," kata Ari. 

Sebelumnya Jokowi juga menyatakan Risma telah mengajukan pengunduran diri sebagai mensos. 

"Sudah, (Risma) sudah mengajukan pengunduran diri," kata Presiden Jokowi seusai mengunjungi Pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Jumat, 6 September 2024.

Jokowi mengaku sudah menyetujui dan menandatangani pengunduran diri Risma. "Sudah saya tanda tangan pengunduran dirinya," katanya. 

Maju Pilkada Jatim, Risma didampingi pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans. Pasangan ini diusung PDIP dan Partai Hanura di Pilgub Jatim 2024.

Risma-Gus Hans akan menghadapi pasangan petahana, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak yang diusung 15 parpol. Selain itu, terdapat juga pasangan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim yang diusung oleh PKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya