Sosok Rizqi Iskandar, Baru 22 Tahun dan Masih Kuliah Tapi Sudah Jadi Anggota DPRD Bareng Ayahnya

Anggota DPRD termuda M Rizqi Iskandar Muda dilantik bersama ayahnya
Sumber :
  • Antara

VIVA – Muhammad Rizqi Iskandar Muda, sosok muda yang baru berusia 22 tahun, telah mencatatkan prestasi besar sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah termuda.

Jawab Kabar soal Kabinet Prabowo Mencapai 40 Menteri, Begini Respons Elite Gerindra

Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa semester 5 jurusan Hubungan Internasional, fakultas Ilmu Sosial Politik di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rizqi berhasil memenangkan kursi dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Rizqi mencalonkan diri melalui Partai Gerindra dari daerah pemilihan (dapil) Jateng 13, yang meliputi Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kota Pekalongan.

PDIP: Pertemuan Megawati-Prabowo Jangan Dikaitkan dengan Bagi-bagi Kekuasaan

Rizqi lahir pada 9 November 2002, ia merupakan anak dari Iskandar Zulkarnain, anggota DPRD Jawa Tengah dari Partai Gerindra. Keduanya dilantik secara bersamaan pada Selasa, 3 September 2024.

Dilansir dari VIVA Jateng, sejak kecil Rizqi telah menunjukkan ketertarikan yang mendalam terhadap dunia politik. Bahkan, saat masih duduk di bangku sekolah dasar, ia pernah bercita-cita menjadi presiden.

Ade Sumardi Terancam Gagal Maju Pilgub Banten, Airin Bisa Jomblo

Perjalanan politiknya yang dimulai di usia sangat muda ini dinilai sebagai perwujudan ambisi besar yang sudah tertanam sejak dini.

Rizqi juga mencatatkan kekayaan sebesar Rp 815 juta, tanpa ada utang, menandakan pendapatan yang sangat tinggi sebagai wakil rakyat, meskipun masih sangat muda.

Anggota DPRD termuda M Rizqi Iskandar Muda dilantik bersama ayahnya Artikel ini

Photo :
  • Antara

Kehadiran ayah dan anak dalam lembaga yang sama ini lantas memicu perdebatan di tengah masyarakat, terutama terkait isu nepotisme dan dinasti politik.

Tidak sedikit yang menilai pelantikan Rizqi bersama ayahnya sebagai bentuk "dinasti kecil-kecilan" dalam pemerintahan daerah.

Muncul kekhawatiran bahwa akses kekuasaan politik lebih menguntungkan bagi mereka yang memiliki relasi keluarga, dibandingkan mereka yang benar-benar berjuang dari bawah.

Akan tetapi, beberapa netizen memberikan komentar positif, memuji keterlibatan generasi Z dalam dunia pemerintahan, yang mana dunia politik Indonesia kerap didominasi generasi lebih tua.

Sebagai anggota DPRD Jawa Tengah, Rizqi akan bertugas mewakili masyarakat dapil Jateng 13 untuk periode 2024-2029. Dalam perannya ini, Rizqi bertanggung jawab mengawal aspirasi dan kepentingan konstituennya, serta fokus pada isu-isu seperti pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan publik, pendidikan, serta kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya