Pilgub Sultra 2024, Pasangan ASR-Hugua Unggul di 2 Hasil Lembaga Survei

Pasangan bakal cagub dan cawagub Sultra, Andi Sumangerukka dan Hugua
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Hasil survei terbaru dari dua lembaga survei nasional, Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA dan Charta Politika Indonesia, menunjukkan bahwa pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Sumangerukka (ASR) dan Hugua, berada di posisi teratas dalam Pilgub Sultra 2024.

Cara ASR Wujudkan Kesejahteraan Warga Sultra Lewat Pendidikan, Kesehatan dan Lapangan Kerja

Survei LSI Denny JA, yang dilaksanakan pada 10 hingga 17 Agustus 2024, menunjukkan bahwa pasangan ASR-Hugua memperoleh dukungan sebesar 34,5%, unggul 10% dari posisi kedua, Tina Nur Alam-Ihsan Taufik yang mendapatkan 24,5%.

Sementara itu, survei yang dilakukan oleh Charta Politika Indonesia antara 21-27 Juni 2024 menunjukkan hasil yang konsisten dengan posisi ASR sebagai kandidat teratas dalam bursa calon gubernur. Pada simulasi dua nama, ASR unggul dengan 37,5% atas Tina Nur Alam yang memperoleh 35,3%.

Hal Ini Buat Milenial dan Gen Z Poso Pilih Anwar-Reny di Pilgub Sulteng

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Kedua survei menggunakan metode wawancara tatap muka dengan teknik sampling yang terstruktur, melibatkan ratusan responden di seluruh kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara.

Khofifah Dinilai Banyak Berikan Kemajuan Bagi Jatim, Termasuk Pengembangan Ponpes

LSI Denny JA melaporkan margin of error sebesar +/- 3,5%, sedangkan Charta Politika Indonesia melaporkan margin of error sebesar 3,46%. Hasil survei ini mencerminkan dukungan yang kuat terhadap ASR-Hugua di berbagai kategori pemilih, termasuk berdasarkan usia, agama, dan profesi.

Dalam kategori pemilih beragama Islam, ASR-Hugua memperoleh 35,5%, unggul atas Tina Nur Alam-Ihsan Taufik yang mendapatkan 24,1%. Untuk pemilih non-Islam, Lukman Abunawas-La Ode Ida memimpin dengan 43,4%, sementara ASR-Hugua berada di posisi ketiga dengan 11,3%. Di antara pemilih berdasarkan kategori usia dan profesi, ASR-Hugua juga menunjukkan keunggulan signifikan, termasuk di kalangan ibu rumah tangga, petani, dan pekerja wiraswasta.

Andi Sumangerukka (ASR) terus menunjukkan keunggulannya sebagai pilihan utama masyarakat Sulawesi Tenggara, jauh di atas kandidat lainnya.

Dengan dukungan yang kuat dari berbagai kategori pemilih, ASR berhasil memimpin dengan proporsi "strong voters" tertinggi. Posisi ini semakin mempertegas ASR sebagai calon yang paling siap dan dipercaya untuk memimpin Sulawesi Tenggara.

Sementara Tina Nur Alam mengikuti di posisi kedua, ASR tetap berada di puncak, menunjukkan kekuatan dan daya tarik yang sulit ditandingi dalam Pilkada 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya