PKB Tetapkan Susunan Pengurus Periode 2024-2029, Ini Daftarnya

Muktamar PKB di BNDCC Nusa Dua, Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Jakarta, VIVA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin telah resmi terpilih menjadi ketua umum PKB periode 2024-2029. Ia juga ternyata sudah menyusun sejumlah nama untuk kepengurusan yang barunya di PKB.

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Nama ini telah tertuang dalam surat keputusan (SK) yang diserahkan kepada Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Muktamar PKB di Bali Tetapkan Muhaimin Iskandar Jadi Ketua Umum Secara Aklamasi

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
PKB Tak Diajak Bahas Kabinet Prabowo, Gerindra: Itu Hak Prerogatif Presiden

Dalam struktur yang telah dibuat Cak Imin ini, sudah dinyatakan lengkap. Ada sebanyak enam Wakil Ketua Umum PKB yang menjabat pada periode 2024-2029.

Tetapi, sejumlah nama di kepengurusan lama pun juga ada yang masih mengisi posisi yang sama di kepengurusan baru PKB.

Cak Imin Ngaku Gak Diundang KIM Bahas Kabinet Prabowo: PKB Sama Sekali Tak Dilibatkan

Hal itu sudah dikonfirmasi oleh Bendahara Umum PKB Bambang Susanto. Bambang menyebut, Cak Imin masih melengkapi kepengurusan di beberapa posisi sebelum nantinya diumumkan.

"Sedang proses tambahan untuk posisi ketua harian yang akan diisi kader muda, juga untuk posisi deputi dan sekretaris eksekutif. Namanya nanti diumumkan dalam waktu yang tepat," ujar Bambang kepada wartawan pada Rabu 4 September 2024.

Susunannya yakni, Cak Imin masih menduduki sebagai ketua umum PKB usai terpilih dalam Muktamar VI PKB yang digelar pada 24-25 Agustus di Bali. Kemudian, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dipilih sebagai Ketua Dewan Syuro PKB.

Bambang menyebutkan kepengurusan PKB selama lima tahun kedepan akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Adapun, Wakil Ketua Umum dijabat oleh Jazilul Fawaid, Ida Fauziah, Hanif Dhakiri, Cucun Ahmad Syamsurijal, Faisol Reza dan M Rano Alfath.

Kemudian, Sekretaris Jenderal kembali dijabat oleh Hasanuddin Wahid dan Bendahara Umum diisi oleh Bambang Susanto. Wakil Sekjen diisi 4 orang lainnya dan Wakil Bendahara Umum diisi 5 orang.

Ketua bidang dan sekretaris bidang di DPP PKB berjumlah masing-masing 21 orang. Salah satunya Ketua Bidang Pendidikan dan Pesantren dijabat Syaiful Huda.

Sementara itu, beberapa nama pada posisi Wakil Ketua Dewan Syuro meliputi KH Subhan, KH Manarul Hidayah, KH Alwi Shihab, KH, Arifin Junady, KH Andi Muawiah Ramli, KH Zamzawi Mahrus.

Anggota Dewan Syuro PKB di antaranya KH Nashirul Mahasin, bu nyai Nurhayati Said Aqi Siraj, KH. KH. Acep Adang, KH Badawi Basir

Sementara, Sekretaris Dewan Syuro PKB dijabat KH Saefulah Mashum dan Wakil Sekretaris Dewan Syuro adalah KH Maman Imanul Haq dan KH Taufiq Abdullah.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas mengaku sudah menandatangani surat keputusan (SK) kepengurusan baru Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hasil Muktamar di Bali.

Hasil muktamar Bali diketahui menetapkan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai ketua umum PKB periode 2024-2029.

"Kalau tidak salah saya sudah tanda tangani. Kalau tidak salah ya," ucap Supratman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2024.

Menkumham Supratman Andi Agtas

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Supratman menegaskan, SK yang masuk ke pihaknya itu merupakan hasil muktamar di Bali yaitu menetapkan Cak Imin sebagai ketua umum PKB. Dia pun enggan bicara lebih lanjut mengenai wacana adanya muktamar tandingan.

"Karena yang mengajukan kan seperti itu (hasil muktamar Cak Imin menjadi ketum)," ungkapnya.

"Saya tidak mau berandai-andai (soal muktamar tandingan), saya melayani sesuai dengan yang memang sedang mengajukan permohonan yang dilakukan," pungkas Supratman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya