Incar Suara Anak Muda di Pilkada 2024, PKS Bikin Gerakan 'Pahlawan Demokrasi'

PKS luncurkan gerakan
Sumber :
  • Dok. PKS

Jakarta, VIVA - Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) melalui bidang Kepemudaan meluncurkan gerakan 'Pahlawan Demokrasi' untuk menghadapi Pilkada 2024. PKS menyoroti suara anak muda yang punya potensi di Pilkada 2024.

Ridwan Kamil Sambangi DPW PKS Jakarta: Kita Berikan Pengenalan

Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS, Gamal Albinsaid menyampaikan pentingnya peran pemuda sebagai subjek politik yang aktif. Dia bilang dengan gerakan 'Pahlawan Demokrasi' jadi harapan bisa menginspirasi dan melibatkan generasi muda secara aktif dalam politik.

Gamal mengakui bahwa dirinya banyak dapat pertanyaan terkait upaya memenangkan suara milenial. 

Suswono Klaim Siap Lanjutkan Program Anies di Jakarta: Karena PKS Ikut Waktu Menyusun

"Saya rasa pertanyaan tersebut kurang tepat karena seolah-olah pemuda hanya dianggap sebagai objek politik. Sebenarnya, mereka adalah subjek yang memiliki peran penting di panggung demokrasi," kata Gamal, dalam keterangannya, dikutip pada Rabu, 4 September 2024. 

Gamal mengatakan dalam konteks Pemilihan Umum, pemuda merupakan 52% dari total pemilih. Dia bilang pemuda adalah segmen strategis yang harus diperhatikan. 

Suswono ke PKS Jakarta Minta Hidupkan Mesin Partai Menangkan Pilgub Jakarta

Ia mengatakan meski Pilkada 2024 berlangsung pada tahun yang sama dengan Pemilu, konfigurasi pemilih tak banyak berubah. Gamal menyebut pemuda tetap menjadi perhatian utama.

"Pahlawan Demokrasi bertujuan untuk tidak hanya memenangkan kontestasi politik, tetapi juga untuk menginspirasi generasi muda agar lebih bijak, santun, dan berkarakter," jelas Gamal. 

Pun, dia menambahkan tugas parpol bisa memastikan nilai-nilai dapat diimplementasikan dengan baik dalam setiap proses politik. 

Dijelaskan Gamal, pemuda bukanlah objek dalam politik. Namun, pemuda dianggap sebagai pemain utama yang harus diberdayakan. 

Dalam konteks ini, Gamal menyampaiakan gerakan 'Pahlawan Demokrasi' juga mengusung tagline "Menang Bermartabat dan Menang Menginspirasi". 

Menurut dia, dengan tagline itu, PKS berkomitmen untuk jalankan politik dengan cara yang jujur dan adil. Selain itu,menjaga kualitas Pemilu dari kecurangan. 

Kemudian, sebagai bagian dari inisiatif Pahlawan Demokrasi, PKS juga mengumumkan susunan Presidium Nasional (Presnas) yang akan memimpin gerakan tersebut. 

Nama-nama yang terpilih antara lain Ketua Kepemudaan DPP PKS Gamal Albinsaid, Wakil Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS Yanuar Arif Wibowo, Sekretaris Bidang Kepemudaan Henda Yusamtha. 

Selain itu, ada beberapa nama lainnya seperti Indra Kusumah, Musthofa Faruq, Meitri Citra Wardani, Paramitha Messayu, dan Nabila Aboe Bakar. 

Dengan adanya peluncuran gerakan Pahlawan Demokrasi, Gamal berharap suara pemuda bisa berperan mendukung calon kepala daerah yang diusung. Lalu, bisa menjadikan Pilkada 2024 sebagai momen penting untuk transformasi politik yang lebih baik.

"Semoga pahlawan demokrasi ini ini bisa diimplementasi karena tugas kita bukan sekedar memenangkan kontestasi politik melainkan menginspirasi generasi muda yang santun bijak dan berkarakter," tutur Gamal.

Adapun acara peluncuran geralan itu dihadiri sejumlah calon kepala daerah atau cakada yang akan diusung PKS dalam Pilkada 2024. Para Cakada yang hadir seperti Imam Budi Hartono selaku bakal calon Wali Kota Depok, Atang Trisnanto untuk bakal calon Wali Kota Bogor. 

Selain itu, ada Shinta Chairuddin untuk bakal calon Wakil Wali Kota Tangsel. Lalu, bakal calon Wakil Bupati Purwakarta Pipin Sopian, bakal calon Wakil Wali Kota Serang Nur Agis Aulia, dan bakal calon Wakil Wali Kota Tegal Ashim Fikri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya