Absen Rapat Pansus Alasan ke Makkah, Pegawai Kemenag Ternyata Ada di Kantornya

Sejumlah anggota Pansus Haji dan Kepala Subdirektorat Data dan Sistem Informasi Haji, Hasan Affandi (kiri) saat sidak ke Gedung Siskohat Kemenag
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Pansus Haji DPR RI menggeruduk Gedung Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jakarta, Rabu, 4 September 2024. Dalam sidak tersebut, Pansus Haji menemukan sebuah fakta baru.

Petinggi Gerindra Diisukan Gantikan Retno Marsudi Jadi Menlu, Begini Respons DPR

Wakil Ketua Pansus Haji DPR RI Marwan Dasopang mengatakan ada salah seorang saksi yang absen panggilan Pansus Haji di DPR. Dia adalah Kepala Subdirektorat Data dan Sistem Informasi Haji Hasan Affandi.

Hasan, kata dia, beralasan tak bisa hadir dalam rapat Pansus Haji di DPR karena mendapatkan tugas untuk ke Makkah.

PKB Dukung Penambahan Kementerian untuk Pemerintahan Prabowo demi Percepatan Pembangunan

Gedung Kementerian Agama Republik Indonesia

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

"Kami mendapat kabar saksi yang kita panggil di hari kemarin tidak bisa hadir karena melaksanakan tugas dan ditugaskan ke Makkah dalam rangka perubahan teknis pendaftaran jamaah haji, jadi ada IT baru yang akan diterapkan oleh pemerintah Saudi, mereka diutus ke sana," kata Marwan kepada wartawan, Rabu, 4 September 2024.

Banggar DPR soal Anggaran Rp 10 Miliar Buat Sosialisasi Program Makan Bergizi Gratis

Marwan mengaku curiga dengan alasan tersebut sehingga mendatangi Siskohat Kemenag. Di sinilah mereka akhirnya menemukan kebohongan tersebut.

"Kami curiga--ada dua hal kecurigaan: satu, mengulur; kedua, jangan-jangan orangnya ada di sini. Maka kita datang ke sini, ternyata orangnya ada, namanya Hasan Affandi, yang tadi loh, yang di atas itu, orangnya itu yang kita panggil, ada orangnya di sini," katanya.

Dia akan menegur pihak yang memberikan informasi bahwa Hasan Affandi berada di Makkah sehingga tak bisa menghadiri pemanggilan Pansus Haji. "Kemudian juga yang harus kita panggil hari ini belum ada jawaban ternyata ada juga di sini, tapi pergi ke Cirebon," katanya.

Sidang kasus korupsi tata niaga timah di Pengadilan Tipikor Jakarta

Sidang Kasus Korupsi Timah, Para Saksi Curhat soal Ekonomi Babel

Dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengelolaan timah sejumlah saksi kembali dihadirkan. 

img_title
VIVA.co.id
14 September 2024