Klaim Diri Cepat Belajar, Ridwan Kamil Janji Temukan Solusi untuk Warga Kampung Bayam

Fauzi Bowo dan Ridwan Kamil di Setu Babakan
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Ilham

Jakarta, VIVA - Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil menyinggung polemik warga Kampung Bayam yang direlokasi dari Kampung Susun Bayam (KSB) di Jakarta Utara. Ia menilai pemerintah daerah harus menerapkan inti dari sila kelima Pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pramono Anung Sindir RK yang Mau Buat Jakarta Mirip Dubai dan New York: Mimpi Kali

Dengan kata lain, Ridwan Kamil menilai penerapan sila kelima Pancasila itu adalah pemerintah daerah harus memfasilitasi warga menengah hingga atas.

"Tujuannya sila kelima, keadilan sosial. Jadi, keadilan sosial itu artinya semua difasilitasi, menengah-bawah, negara hadir," kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Rabu, 4 September 2024.

Ridwan Kamil Akui Kerap Bertemu Jokowi, Urusan Apa?

Kampung Susun Bayam di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Photo :
  • ANTARA/Abdu Faisal/aa.

Ridwan Kamil menyebut seharusnya warga Kampung Bayam sudah memiliki tempat tinggal yang layak meskipun direlokasi dari tempat tinggal asalnya.

Ridwan Kamil Terima Curhatan Kaum Disabilitas, Soal Apa Saja?

Mantan gubernur Jawa Barat itu pun mengaku bakal mencari solusi untuk warga Kampung Bayam yang semula digusur karena pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) tersebut.

"Yang penting rakyat Jakarta punya rumah, tempat berteduh. Masalahnya, tetap di situ atau geser sedikit atau pindah, yang penting mereka (warga Kampung Bayam) berhak tinggal di kota ini dengan nyaman aman. Kita carikan solusinya," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengaku bakal mengunjungi warga Kampung Bayam. Ridwan Kamil juga akan mempelajari lebih dalam terkait permasalahan warga Kampung Bayam tersebut.

Sejumlah warga Kampung Bayam, Jakarta, mendirikan tenda di depan Balai Kota DKI.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

"Saya akan ke semua titik insyaallah. Karena saya baru, saya akan pelajari Kampung Bayam, ini itu, ini itu. Percayalah, saya cepat belajar, nanti kita ada sesi khusus kepada [yang] spesifik-spesifik isunya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya