Kinerja Positif di DPR jadi Pemicu Moncernya Elektabilitas Agustiar sebagai Cagub

Pasangan Cagub dan Cawagub Kalteng Agustiar Sabran-Edy Pratowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Elektabilitas bakal Calon Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran masih jadi yang teratas versi temuan survei. Salah satu pemicu elektabilitas moncer Agustiar karena kinerjanya yang terekam  baik.

Tingkatkan Potensi Pariwisata di Bangkep, Anwar Hafid Golkan Rp56 Miliar Bangun Pelabuhan Salakan

Pengamat Politik Universitas Palangkaraya Jhon Retei Alfri menilai sebagai anggota DPR RI, Agustiar cukup aktif bersosialisasi dengan menyerap berbagai aspirasi rakyat. Menurut dia, figur Agustiar moncer karena sudah sangat dikenal masyarakat Kalteng.

"Aktivitas yang dilakukan Pak Agustiar itu dipakai dengan sangat baik oleh Agustiar," kata Jhon, Selasa, 3 September 2024.

Fadhil Rahmi jadi Cawagubnya Bustami di Pilgub Aceh Gantikan Tu Sop

Dia menyebut kinerja Agustiar sebagai anggota dewan yaitu pernah mempertaruhkan harga dirinya untuk jadi penjamin pembebasan 20 warga Desa Bangkal, Kabupaten Seruyan. Saat itu, 20 warga Bangkal terlibat bentrok di area salah satu perusahaan di Kabupaten Seruyan dan akhirnya ditangkap oleh aparat kepolisian. 

Pendukung Cagub Kalteng Agustiar Sabran

Photo :
  • Istimewa
Punya Pengalaman Panjang Kelola Pemerintahan, Anwar Hafid Dinilai Bukan Pemimpin Biasa

Agustiar yang berada di Komisi III DPR RI, turun langsung menolong rakyat di daerah pemilihan atau dapol dengan menjaminkan diri sendiri. Ia menjaminkan dirinya untuk pembebasan 20 warga tersebut. 

Bagi dia, cara Agustiar itu memperlihatkan pengabdian ikhlas dan tulus dari seorang Agustiar kepada masyarakat.

Menurut Jhon, sosok Agustiar mampu bertanggungjawab terhadap amanah yang diberikan sebagai wakil rakyat. Dengan demikian, wajar jika Agustiar jadi yang tertinggi elektabilitasnya.

"Pak Agustiar saya kira mampu memfungsikan posisinya sebagaI anggota DPR RI itu dalam beberapa kegiatan di masyarakat Kalteng," ujar Jhon.

Sebelumnya, dalam survei Poltracking yang dilakukan periode 1-7 Agustus, elektabilitas Agustiar bersama Cawagubnya Edy Pratowo berada di angka 38,9 persen. Temuan tersebut membuktikan elektabilitas duet Agustiar-Edy sangat besar dibanding dengan paslon Nadalsyah-Supian Hadi yang berada di posisi kedua dengan 26,6 persen.

Poltracking Indonesia juga merilis elektabilitas pasangan Abdul Razak-Sri Suwanto yang berada di posisi ketiga dengan 7,2 persen. Sementara, pasangan Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya berada di posisi paling bontot dengan 6,8 persen.

Dengan temuan survei Poltracking, membuktikan dominasi Agustiar-Edy dibandingkan kandidat lainnya. Pasangan tersebut dinilai punya peluang besar memenangkan Pilgub Kalteng 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya